Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Minggu, 13 November 2016

7 Fakta Unik Tentang Batik


Kali ini kita akan membahas batik, yup anda pasti sudah tidak asing dengan batik kan?, batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Batik adalah seni menggambar pola diatas kain (biasanya kain sehingga membentuk pola-pola yang indah. Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin luasnya permintaan pasar, banyak kerajinan yang terbuat daribatik, seperti tas batik, kaos batik, dan lain-lain. Jenis dan coraknya juga sangat variatif dan kreatif, sehingga banyak kalangan yang menyukainya (bahkan tokoh luar negri banyak yang menyukainya) dan cocok dipakai dalam acara resmi maupun tidak resmi. Tapi, tahukah anda bahwa ada beberapa fakta unik tentang batik ? Langsung aja simak.

7 Fakta Unik Tentang Batik

1.Asal muasal kata batik

Kata batik diambil dari bahasa jawa, yakni “amba” dan “ nitik. Amba berati menulis dan nitik artinya titik. Jadi membatik adalah menggambar titik sampai membentuk pola.

2.Batik diakui oleh dunia

Batik telah diakui oleh dunia pada tanggal 2 oktober 2009, sebagai warisan budaya. Bahkan sekarang batik banyak digunakan tokoh tokoh internasional

3.Membatik mata pencaharian wanita zaman dahulu

Pada zaman dahulu para wanita indonesia rata rata berprofesi sebagai pembatik. Pekerjaan membatik merupakan pekerjaan ekslusif pada masa itu.

4.Pengenalan batik ke mata internasional untuk pertama kali

Pertama kali batik diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang ketika itu menghadiri konferensi PBB dengan mengenakan batik.

5.Motif dan corak batik

Motif dan corak batik di setiap daerah berbeda, corak ini mengakomodasi aneka flora dan fauna. Ragam corak dan warnanya dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Mulanya, batik mempunyai corak dan ragam yang terbatas, dan beberapa corak hanya digunakan oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar.

6.Jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya

Pembuatan batik dibedakan menjadi 2, yakni batik tulis dan natik cap. Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan, sedangkan batik cap adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan corak.

7.Mitos tentang batik

Orang jawa pasti tidak asing dengan batik, juga dengan batik. Batik mempunyai mitos jika batik parang digunakan dalam acara pernikahan akan merusak pernikahan.

Cukup itu guys infonya, jika bermanfaat untuk orang lain tolong di share. Terina kasih telah mengunjungi
Baca Juga

7 komentar:

  1. mantep infonya gan, udah lama ane pakai batik tapi baru tau asal muasal batik itu. makasih gan

    BalasHapus
  2. Yang lebih mengagumkan soal motif dan corak batik, ada dari Indonesia Barat sampai Indonesia Timur lho. Ngga hanya di Jawa.

    BalasHapus
  3. Saya baru tau ada mitos menggunakan batik parang akan merusak pernikahan.

    BalasHapus
  4. dulu kalo liat orang batikan pasti bilangnya mau "kondangan" atau mau menghadiri pernikahan. Kalau sekarang sudah umum dalam keseharian orang pakai batik.

    Menarik sekali ya mitos2nya, saya baru tau.

    BalasHapus
  5. Ternyata teknik yang digunakan pembuat an batik beda-beda,

    BalasHapus
  6. Batik memang lekat dengan budaya dan tradisi jawa. Kalo diperhatikan, semua acara sakral mulai dari acara bayi baru lahir, orang menikah hingga orang meninggal pun selalu berhubungan dengan kain batik. Maka jangan sampai kita tidak menghargai warisan budaya yang sudah diakui dunia ini.

    BalasHapus
  7. Thanks for sharing.. Mau tahu lebih banyak tentang teknik membatik yang dapat diterapkan untuk memperkaya motif pada kain batik?.. Anda bisa mendownlod E-Book dari Fitinline..

    BalasHapus

Back To Top