Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Kamis, 24 November 2016

8 Tipe Kecerdasan Manusia dan Cara Mengembangkan


Tidak ada orang yang bodoh di dunia ini. Setiap orang pasti memiliki kepintarannya masing masing, dan setiap kepintaran tersebut pastilah satu sama lain berbeda. Seorang ahli riset dari Amerika Serikat, Prof. Howard gardener menyatakan tipe kecerdasan manusia ada 8 yakni, word smart (kecerdasan linguistik), number smart (kecerdasan logika atau matematis), self smart (kecerdasan intrapersonal), poeple smart (kecerdasan interpersonal), musik smart (kecerdasan musikal), picture smart (kecerdasan spasial), body smart (kecerdasan kinetik), dan nature smart (kcerdasan naturali). Berikut penjelasan masing masingnya :

8 Tipe Kecerdasan Manusia dan Cara Mengembangkan

1.Word Smart (Kecerdasan Linguistik)

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Orang yang memiliki kecerdasan ini merupakan seseorang yang pandai mengolah kata kata saat berbicara maupun menulis. Orang tipe ini biasanya gemar mengisi TTS (teka teki silang), bermain scrable, dan bisa mengartikan bahasa tulisan dengan jelas. Ciri ciri : Senang bermain dengan kata kata, menikmati membaca, diskusi dan menulis, suka membumbui percakapan dengan hal hal menarik yang baru saja ia dengar. Jika anda memiliki kecerdasan ini, maka pekerjaan yang cocok untuk anda adalah jurnalis, penyair, atau pengacara. Untuk anda orang tua bisa mendukung anak yang bertipe ini dengan sering mengajaknya bercerita, membaca bersama, membacakan dongeng, dan melakukan dialog berdua dengan anak.

2.Number Smart (Kecerdasan Logika Atau Matematis)

Kecerdasan logika matematis adalah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi dengan urutan yang logis. Tipe ini adalah orang yang memiliki kecerdasan dalam hal angka dan logika. Ciri ciri : senang dengan angka dan dapat melakukan perhitungan mental, senang menyiapkan jadwal secara terperinci, senang dengan permainan, puzzle atau sesuatu yang membutuhkan kemampuan berpikir logis dan statistis seperti catur atau cheker. Pekerjaan yang cocok jika anda bertipe ini adalah ilmuan, akuntan, atau progamer. Untuk anda orang tua bisa mendukung anak yang bertipe ini dengan mengajak anak mengunjungi museum ilmu pengetahuan atau mengajak anak bermain sambil menghitung.

3.Picture Smart (Kecerdasan Spasial)

Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual maupun spaial secara akurat. Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini memiliki kepekaan tajam untuk visual, keseimbangan warna, garis, bentuk dan ruang. Selain itu, mereka juga pandai membuat sketsa dengan ide yang jelas. Ciri cirinya : menyukai seni, menikmati lukisan dan patung, memiliki cita rasa yang baik akan warna, cenderung menyukai pencatatan secara visual dengan menggunakan kamera. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah arsitek, fotografer, desainer, pilot, atau insinyur. Untuk anda orang tua bisa mendukung anak yang bertipe ini dengan berikan anak buku gambar, perlengkapan ,mewarnai, dan juga kamera.

4.Body Smart (Kecerdasan Kinetik)

Kecerdasan kinetik adalah kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan. Orang tipe ini mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan. Mereka menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang mengandalkan fisik. Ciri cirinya : gemar berolahraga, cakap dalam melakukan sesuaru seorang diri, senang memikirkan persoalan sambil aktif dalam kegiatan fisik. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini ialah atlet, pengrajin, montir, dan penjahit. Untuk anda orang tua bisa mendukung anak yang bertipe ini dengan mengajaknya olahraga.

5.Music Smart (Kecerdasan Musikal)

Kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar. Ciri cirinya : suka bersiul, mudah menghafal nada lagu yang baru didengar, menguasai alat musik tertentu, peka terhadap suara sumbang. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah sesuatu yang berhubungan dengan musik. Untuk anda orang tua bisa mendukung anak yang bertipe ini dengan memberikan alat musik untuk anak anda.

6.Poeple Smart (Kecerdasan  Interpersonal)

Kecerdasan interpersoal adalah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi, dan perasaan orang lain. Orang tipe ini biasanya mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan tempramen orang lain. Ciri cirinya : senang bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok, lebih suka belajar kelompok. Pekerjaan yang cocok yakni networker, negosiator, atau guru. Untuk anda orang tua bisa mendukung anak yang bertipe ini dengan mengajak mereka bermain bersama diluar rumah atau sering mengajak anak anda datang ke acara keluarga untuk bersosialisasi.

7.Self Smart (Kecerdasan Intrapersonal)

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri. Orang bertipe ini memiliki kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertindak secara adaptif berdasarkan pengenalan diri. Ciri cirinya : sering menyediri untuk memikirkan dan masalah itu sendiri, mempunyai hobi yang bersifat pribadi. Pekerjaan yang cocok yaitu konsoler atau teolog.

8.Nature Smart (Kecerdasan Naturalis)


Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan. Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu memahami dan menikmati alam dan menggunakan secara produktif serta mengembangkan pengetahuannya mengenai alam. Ciri ciri : mencintai lingkungan, mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang, dan senang melakukan kegiatan di alam. Kecerdasan ini biasanya dimiliki petani, nelayan, pendaki dan pemburu.
Baca Juga

6 komentar:

  1. dapet pengalaman baru gan, thanks ilmunya :)

    BalasHapus
  2. Hahaha, Howard Gardner. Gw punya bukunya yang mengenai 8 Tipe Kecerdasan Manusia.

    BalasHapus
  3. Jadi tau ada 8 tipe kecerdasan manusia. Trims info gan

    BalasHapus
  4. yang kcerdasan musikal menarik. baru tau kecerdasan manuasia ada macem2. makasih infonya.

    BalasHapus
  5. Ternyata ada beberapa jenis kecerdasan otak,makasih kang infonya

    BalasHapus

Back To Top