Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Sabtu, 12 November 2016

Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik dan Contoh Cerpen

Cerpen


Pengertian Cerpen

Cerpen atau yang biasa disebut cerita pendek adalah karya sastra jenis fiksi yang didalamnya berisi pengisahan yang didalamnya hanya fokus pada satu masalah/konflik dengan tokoh terbatas dan tidak berkembang. Cerpen minimal terdiri atas 1.000 kata dan tidak boleh melebihi 10.000 kata atau 10 lembar.
Berikut beberapa pengertian cerpen menurut para ahli :
-Sumardjo dan Saini
Cerpen adalah cerita fiktif atau tidak benar-benar terjadi, tetapi bisa saja terjadi kapanpun serta dimanapun yang mana ceritanya relatif pendek dan singkat.
-Nugroho Notosusanto dalam Tarigan
Cerpen yaitu sebuah cerita yang penjang ceritanya berkisar 5.000 kata atau prakiraan hanya 17 halaman kuarto spasi rangkap serta terpusat pada dirinya sendiri.
-Hendy
Cerpen ialah suatu karangan yang berkisah pendek yang mengandung kisahan tunggal.
-Aoh K.H.
Cerpen merupakan salah satu karangan fiksi yang biasa disebut juga dengan kisahan prosa pendek.
-J.S. Badudu
Cerpen merupakan cerita yang hanya menjurus serta terfokus pada satu peristiwa saja
-H.B. Jassin
Cerpen ialah sebuah cerita yang singkat yang harus memiliki bagian terpenting yakni perkenalan, pertikaian, serta penyelesaian.

Ciri-Ciri Cerpen

1.Bentuk ceritanya lebih pendek dari novel (membahas satu masalah, singkat dan padat).
2.Jumlah katanya minimal 1.000 dan tidak lebih dari 10.000.
3.Isi ceritanya biasanya mengenai kehidupan sehari-hari (cerita pribadi/orang lain/cerita buatan penulis yang mungkin dialami orang lain).
4.Tidak mengangkat semua kisah pelakunya karena yang diangkat hanya masalah tunggal dan intinya saja.
5.Tokoh-tokoh digambarkan mengalami masalah atau konflik hingga pada penyelesaian.
6.Pemakaian katanya sangat sederhana sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
7.Kesan yang ditinggalkan sangat dalam sehingga pembaca ikut merasakan isi dari cerpen.
8.Penokohan pada cerpen sangat sederhana tidak mendalam dan singkat.
9.Kebanyakan bersifat fiktif.
10.Hanya ada satu kejadian besar dan kejadian lain mungkin sebagai pendukung.
11.Alurnya bersifat tunggal dan lurus.

Struktur Cerpen

Strukutur cerpen

A.Abstrak

Merupakan ringkasan atau inti dari cerpen yang akan dkembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian peristiwa atau bisa juga sebagai gambaran awal dalam cerita. Abstrak bersifat opsional maksudnya boleh ada maupun tidak dalam sebuah cerpen.

B.Orientasi

Orientasi merupakan pengenalan, yang berkaitan dengan waktu, suasana, dan tempat yang berkaitan dengan cerpen.

C.Komplikasi

Berisi urutan kejadian yang dihubungkan secara sebab-akibat, pada struktur ini kita mendapat karakter atau watak pelaku cerita karena beberapa kerumitan mulai bermunculan.

D.Evaluasi

Struktur ini pengarang mengungkapkan bagaimana solusi yang dialami tokoh.

E.Koda

Merupakan nilai nilai atau pelajaran yang dapat dipetk dari suatu teks oleh pembaca.

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen


Unsur intrinsik

Unsur intrinsik cerpen merupakan unsur yang membangun cerpen dari dalam cerpen itu sendiri yang terdiri dari :
A.Tema
Tema merupakan gagasan pokok dari cerpen itu sendiri. Tema ini yang akan menentukan konflik dan menjadi ide dasar pengembangan dari seluru cerpen. Tema bersifat umum, seperti contoh, pendidikan, persahabatan, romansa, dan lain lain.
B.Tokoh dan penokohan
Tokoh dan penokohan memiliki arti yang berbeda dalam sebuah cerita. Tokoh adalah pelaku/pemeran dalam sebuah cerita, sedang penokohan adalah penentuan watak atau sifat dari tokoh yang ada dalam suatu cerita. Ada 3 jenis tokoh berdasarkan sifatnya yakni :
Antagonis, tokoh yang merupakan musuh karakter utama atau protagonis. Antagonis sering disebut sebagai tokoh yang jahat dalam sebuah cerita sehingga hal yang berbau negatif dalam cerita sering mengarah ke antagonis.
Protagonis, Tokoh ini merupakan tokoh utama dalam sebuah cerita dan biasanya memiliki sifat yang baik, dan juga merupakan lawan dari protagonis.
Tritagonis, tokoh ini merupakan tokoh penengah antara antagonis dan protagonis. Biasanya dalam cerita tokoh ini memiliki sifat yang adil dan bijaksana.
Dalam menentukan penokohan terdapat 2 metode, yakni analitik dan dramalitik.
Analitik, metode penokohan yang dipaparkan secara langsung oleh penulis. Seperti sadis, baik, pemarah, egois dan lain-lain. Sedang
Dramalitik, metode penokohan yang dipaparkan secara tidak langsung, biasanya melalui dialog antar tokoh, tidak menutup kemungkinan juga bila melalui penggambaran fisik.
C.Alur (Plot)
Alur adalah urut-urutan jalan cerita yang disampaikan oleh penulis. Dalam menyampaikan cerita ada tahapan-tahapan alur yang disampaikan oleh penulis. Diantaranya :
-Tahap perkenalan
-Tahap penanjakan
-Tahap klimaks
-Anti klimaks
-Tahap penyelesaian
Ada 3 jenis alur yang digunakan dalam cerpen yakni alur maju, alur mundur, dan campuran.
Alur maju (progresif), alur ini menceritakan sebuah cerita yang menyajikan urutan yang dimulai dati tahap perkenalan menuju tahap penyelesaian secara sistematus dan tidak mengacak.
Alur mundur (regresi), alur ini menceritakan sebuah cerita yang mengembalikan cerita pada masa lalu atau waktu sebelummnya.
Alur campuran (flashback) merupakan gabungan dari alur maju dan alur mundur.
D.Latar
Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa didalam sebuah cerita. Dalam cerpen terdapat 3 latar yakni latar waktu, latar tempat, dan latar suasana.
E.Sudut pandang
Sudut pandang adalah cara pengarang menempatkan dirinya terhadap cerita atai dari sudut mana pengarang memandang ceritanya. Dalam cerpen ada dua sudut pandang yakni sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga
Sudut pandang orang pertama
Sudut pandang orang pertama memakai kata ganti orang aku atau saya, dalam cerpen sudut pandang orang pertama terdiri dari orang pertama sebagai pelaku utama, orang pertama sebagai pengamat, dan orang pertama serba tahu.
Sudut pandang orang ketiga
Sudut pandang orang ketiga biasanya memakan kata ganti dia, ia, dan beliau, dalam cerpen sudut pandang orang ketiga terdiri dari orang ketiga pelaku utama dan orang ketiga serba tahu.
F.Gaya bahasa
Gaya bahasa adalah ciri khas penulis dalam membuat sebuah karya. Gaya bahasa bisa meliputi majas dan pemilihan kata (diksi) dalam cerpen.
G.Amanat
Amanat merupakan pesan moral yang hendak disampaikan penulis kepada pembaca. Amanat biasanaya tidak tertulis jelas di sebuah cerita atau tersirat dan bergantung pada setiap pemahaman pembaca akan cerita tersebut.

Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik adalah unsur yang berada diluar karya sastra dan mendukung karya sastra tersebut dari luar. Unsur ekstrinsik cerpen antara lain :
Latar belakang penciptaan, latar belakang ini berkaitan dengan tujuan karya cerpen tadi dibuat.
Latar belakang sejarah pengarang, unsur ini berkaitan dengan kondisi sosial penulis.
Kondisi masyarakat, hal hal yang berkaitan dengan kondisi masyarakat ketika cerpen itu dibuat

Unsur psikologis, unsur ini berkaitan dengan psikologis penulis

Contoh Cerpen

Kesungguhan untuk Bisa Kuliah Gratis
                                      Dibuat oleh          : M Figi Sepdiano A.
                                          Kelas                 : Xmipa2
Namaku Rendi, aku hanyalah seorang anak desa. Aku anak tunggal, kedua orang tuaku hanya petani yang menggarap sawah orang lain atau yang biasa disebut petani penggarap, karena itu penghasilannya tidak seberapa. Aku bersekolah di Sekolah Menengah Akhir, tepatnya di SMA 2 Tanggulangin. Aku sekarang berusia 17 tahun atau kelas 2 SMA, predikat ketua OSIS sudah kuraih, siswa teladan kugapai. Teringat olehku akan cita-citaku pada saat aku kecil, yang sering ditertawakan oleh teman-teman Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, bahkan teman temanku sekarang, yang sempat membuatku merasa cita-citaku tersebut tidak mungkin bakal terwujud untuk selamanya. Namun aku sadar bahwa Allah akan memberikan jalan kepada hambanya yang mau berusaha keras dan menjalani perintahnya. Sebagaimana pepatah arab mengatakan Man Jadda Wa Jadda, siapa yang bersungguh-sungguh ia akan berhasil. Itulah kata motivasi yang aku pegang, kata-kata itulah yang membuatku bangkit dari keterpurukan.
“Zaman sekarang mana ada kesuksesan yang tidak memakai uang pelicin, buang semua pemikiran bodohmu itu Ren” ucap Indra temanku kepadaku, karena aku berkata kepadanya bahwa aku ingin kuliah tanpa biaya.
”Tidak semua jalan begitu Ndra, aku yakin tidak semua orang sukses berhasil dengan uang. Banyak juga orang diluar sana yang sukses tanpa melakukan hal yang demikian” jawabku sedikit tegas dengan suara pelan.
”Terserah apa pendapatmu menurutku hanya sedikit saja orang yang bisa sukses tanpa uang sogok, negeri kita ini negeri yang lucu, banyak orang sukses karena sogokan, sedikit saja yang sukses hasil murni” ujar Indra yang membuatku sedikit patah semangat. Ucapan itu juga yang mengakhiri obrolan kami selama 30 menit lamanya.
Bel istirahat berbunyi nyaring, menandakan ada kesempatan untuk mengisi perut yang kosong. Memberikan waktu 15 menit kepada para murid untuk mengisi tenaga untuk pelajaran selanjutnya. Saat itu aku langsung menuju ke ruang BK untuk berkonsultasi dengan guru bimbingan konseling untuk membicarakan harapanku yang sempat sedikit membuatku melupakan harapanku untuk kuliah di kedokteran tanpa biaya. Saat aku hendak ke ruang BK ada seseorang yang memanggil namaku dari belakang.
“Ren, Rendi” mendengar ada yang memanggilku akupun menoleh ke belakang, ternyata itu temanku Fitri.
”Ren besok aku ada undangan motivasi soal kemalasan remaja di aula kabupaten, bisa temani aku gak Ren?” tanya Fitri.
”Hmmmmm” aku berpikir sejenak mengingat apakah aku ada jadwal ada tidak.
”Ayolah Ren, please !“
”Iyalah aku akan datang, bilang saja kalau kamu tidak ingin sendirian disana, oleh karena itu kamu membujukku dengan segitunya, kan?” Tebakku, membuat sahabatku itu tertawa kecil
“Kau bisa saja, iya iya aku akui. Hahaha . . .jemput aku ya”gelaknya.
“Oke lah jam setengah 3 ya aku kerumahmu”
“Siap”
Setelah itu kamipun berpisah, aku menuju ruang BK dan Fitri ke kantin. Sampai di ruang BK aku berkonsultasi kepada guru BK apakah bisa aku yang keadaan ekonominya tergolong kelas menengah bisa membiayai biaya kuliah nanti.
“Kalau kamu memang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi tapi tidak mempunyai biaya, kamu bisa kuliah melalui jalur SNMPTN, dengan syarat nilai rapot kamu tidak boleh turun dan harus terus naik selama 5 semester”
”Apa tidak ada sekali biaya bu” tanyaku.
“ Insyaallah tidak ada nak, mungkin cuma biaya buat keperluan kamu sehari-hari” jawab guruku yang membuatku lega.
“Apa selama ini nilai saya ada yang turun bu?” tanyaku lagi
“Untuk nilai rapot kamu alhamdulillah belum ada yang turun, tapi nilai harian kamu selama beberapa bulan ini agar turun, mungkin karena kamu sebagai ketua OSIS, tapi kamu jangan patah semangat masih ada kesempatan untuk memperbaiki”
“Bu terima kasih atas info yang ibu berikan sangat membantu saya, saya akan memperbaiki nilai saya yang turun”
“Iya sama-sama”
Beberapa menit bel masuk berbunyi dan akupun mengikuti pelajaran, saat jam 2 siang bel pulangpun berbunyi. Saat pulang aku memikirkan perkataan guru BKku tadi bahwa nilai harianku turun. Keesokannya hari-hari disekolah seperti biasa, bel pulang berbunyi pada pukul 2. Jam menunjukkan pukul 2.30. aku ingat aku ada motivasi mengenai kemalasan remaja di aula kabupaten bersama Fitri.  Langsung saja aku berangkat kerumah Fitri dan ke aula kabupaten bersamanya. Setelah sampai disana 5 menit kemudian acara dimulai. Acara motivasi itu sangat memotivasiku, dalam acara itu sang motivator menjelaskan
“Manusia itu bisa diibaratkan sebagai sebuah pisau, ada yang tajam ada juga yang tumpul. Yang tajam itu bagaikan orang yang pintar tetapi yang tumpul itu bagaikan orang biasa saja. Pisau yang tajam tidak digunakan sungguh-sungguh dan tidak pernah diasah tidak akan mampu memotong sebuah kayu, sedang pisau yang tumpul digunakan dengan sungguh-sungguh dan diasah setiap hari maka akan berguna untuk memotong sebuah kayu. Manusia juga seperti itu yang pintar tetapi tidak bersungguh-sungguh dan malas dia tidak akan sukses sedang orang biasa saja yang bersungguh-sungguh dan rajin maka ia pasti akan sukses. Seperti pepatah arab mengatakan Man Jadda Wa Jadda, siapa yang bersungguh-seungguh ia akan berhasil. Dan ingat yang berhasil bukanlah orang yang pintar tapi yang berhasil ialah yang bersungguh-sungguh”
Itulah kata dari motivator yang sangat menginspirasiku. Aku memang bukan tergolong siswa yang pintar aku termasuk siswa yang biasa-biasa saja. Setelah menanamkan dihatiku bahwa yang berhasil adalah yang bersungguh-sungguh itu merubah hidupku. Kini aku semakin rajin belajar, aku belajar secara otodidak karena aku tidak mau merepotkan kedua orang tuaku untuk mengikuti bimbingan belajar di lembaga-lembaga tertentu. Selain belajar aku juga mengimbanginya dengan doa dan ibadah.
Tidak hanya itu mulai sekarang setiap istirahat aku lebih sering ke perpustakaan daripada ke kantin. Meskipun aku menjabat sebagai ketua OSIS yang kegiatanku banyak, alhamdulillah aku masih bisa mengatur waktu belajarku. Selain itu aku juga sering berkonsultasi dengan guru-guru mengenai nialiku.
Aku sedikit merasa sedih sebab selama satu bulan ini nilai harianku belum meningkat. Di dalam hati aku berpikir kenapa masih belum meningkat apa aku kurang belajar atau kurang sungguh-sungguh dalam belajar. Akupun juga bercerita kepada teman-teman tapi teman-teman cuma mengatakan aku cuma kurang beruntung saja. Hal ini terpikirkanku berhari-hari, sampai suatu hari HPku berdering dan ada sebuah pesan dari seseoarang yang namanya Farah. Itulah nama kontak yang mengirim pesan tersebut ke aku. Gadis ini pernah menyukaiku dan mungkin sekarang masih menyukaiku. Tanpa pikir panjang akupun membuka pesan tersebut
“Terkadang sebuah impian mengalami jatuh bangun untuk menguji apakah kita layak untuk mendapatkannya. Tak jarang kita mengalami halangan bahkan kegagalan, namun janganlah menyerah. Allah pasti memberikan jalan kepada hambanya yang bersungguh-sungguh dan bertawakal kepadanya”
Itulah pesan singkat yang membuatku bangkit lagi, dengan pesan dari orang yang menyukaiku tersebut membuatku semakin yakin bila aku bersungguh-sungguh aku pasti bisa kuliah melalui jalur SNMPTN. Setelah itu belajarku semakin aku tambah dan saat menerima rapot aku bersyukur nilaiku mengalami kenaikan. Sampai akhirnya pada kelas 3 SMA nilaiku terus mengalami kenaikan, dan aku merasa bahagia nilai Ujian Nasionalku memuaskan. Guru-guru dan teman-teman mengucapkan selamat kepadaku atas keberhasilanku dan akhirnya aku bisa berkuliah di perguruan tinggi UI melalui jalur undangan. Tidak hanya guru-guru yang bangga kepadaku orang tuaku juga merasa bangga atas prestasi yang kuraih da orang tuaku juga senang bahwa aku tidak perlu membayar dalam melanjutkan pendidikanku.

Baca Juga

3 komentar:

  1. Membuat cerpen susah-susah gampang.
    Semoga bisa membuat cerpen yang tepat setelah mengetahui unsur cerpen

    BalasHapus
  2. Membuat cerpen susah-susah gampang.
    Semoga bisa membuat cerpen yang tepat setelah mengetahui unsur cerpen

    BalasHapus
  3. infonya bermanfaat sekali, dulu waktu masih SMA saya juga menekuni bidang cerpen. Tapi sekarang sudah tidak lagi, sudah tidak sempat.

    BalasHapus

Back To Top