Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Minggu, 13 November 2016

Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contoh Advertisement


Biasanya seseorang bila ingin memasarkan produk, jasa, atau lawangan kerja melalui iklan. Iklan dalam bahasa inggris biasa disebut advertisement.

Definition of advertisement

Advertisement ( iklan ) is a text that has the objective to announce a something that appeals to many poeple and that adds a well known product in all public.
Advertisement ( iklan ) adalah teks yang memiliki tujuan untuk mengumumkan sebuah sesuatu agar menarik bagi banyak orang dan agar suatu produk bertambah terkenal di semua kalangan umum. Iklan bisa berupa tulisan pendek, gambar maupun film pendek, iklan bisa dibuat untuk mempromosikan barang untuk dijual, jasa, lowongan kerja, rumah, dan lain-lain. Iklan biasanya di pasang di televisi, spanduk, radio, surat kabar, maupun media massa.

Purpose of advertisement

The purpose of the advertisement is to announce/advert about a case or a public, or in other words to introduce a product to the public in order to buy and attracted to the product being advertised.
Tujuan iklan adalah untuk mengumumkan/mengiklankan tentang suatu hal atau produk kepada masyarakat atau dalam kata lain untuk mengenalkan produk ke masyarakat agar dapat membeli dan tertarik kepada produk yang di iklankan. Secara konseptual, tujuan periklanan pada umumny digolongkan menjadi 3 yaitu :
1.Informative Advertising ( periklanan informatif ), digunakan pada saat suatu kategori produk yang baru mulai diperkenalkan, tujuannya adalah membangun permintaan awal.
2.Persuasive Advertising ( periklanan persuasif ), digunakan untuk membangun permintaan selektif akan suatu merek dengan cara meyakinkan konsumen bahwa merek tersebut adalah merek terbaik di kelasnya.
3.Reminder Advertising (iklan pengingat ), digunakan untuk menjaga agar konsumen tetap mengingat suatu produk.
Iklan memiliki beberapa fungsi yaitu :
-Memberikan informasi
Periklanan dapat menambah nilai pada suatu barang dan memberikan informasi kepada konsumen.
-Membujuk atau mempengaruhi
Iklan akan membuat konsumen terpengaruh akan barang atau jasa yang diiklankan dengan kata-kata menarik dalam iklan tersebut.
-Menciptakan kesan tertentu
Dengan sebuah iklan, orang akan mempunyai suatu kesan tertentu tentang apa yang diiklankan.
-Memuaskan keinginan
Periklanan merupakan suatu alat yang bisa dipakai untuk mencapai tujuan, dan tujuan itu sendiri berupa pertukaran yang saling memuaskan.
-Alat komunikasi
Periklanan dapat menjadi alat komunikasi antara penjual dan pembeli secara tidak langsung.

Strcture of advertisement

Title
Bagian dari advertisement yang merupakan topik utama/judul, contoh Diskon sepatu 30 %.
Explanation
Berisi mengenai penjelasan dari iklan tersebut.
NB : Untuk struktur ini ada beberapa pendapat ada yang memasukkan tagline juga (isinya seperti motto dari iklan tersebut yang ada pada judul), tapi saya hanya memberikan struktur secara umum saja.
Contoh Advertisement :




Baca Juga

4 komentar:

  1. Boleh banget nih infonya... Buat juga artikel mengenai desain dan tema-tema iklan dong Bos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane gak ahli gan masalah itu takutnya nanti ane memberikan ilmu yang salah

      Hapus
  2. Makasih kang infonya, bermanfaat

    BalasHapus
  3. Baru tau saya dengan advertisement; pengertian, tujuan, dan struktur teksnya,

    BalasHapus

Back To Top