Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Sabtu, 03 Desember 2016

Asal Muasal Kata Hoax


Hoax, anda pasti seringkan mendengar kata hoax kan?. “No pict hoax”. Beberapa orang sering mendengar kata ini, atau jangan jangan kamu juga kan ?.  Kamu biasanya bilang hoax kan kalau temenmu ngomong sesuatu yang menurut kamu itu palsu kan. Kamu tau arti sebenarnya dari hoax?, asal usulnya?, bagaimana bisa sampai populer?.
Langsung gan to TKP, lanjut baca.
Hoax memiliki arti suatu kata yang umumnya digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang palsu, ataupun usaha untuk menipu orang lain supaya mereka mempercayainya, padahal sudah jelas bahwa berita tersebut adalah palsu. Dibeberapa negara barat hoax digunakan sebagai sebuah tradisi setiap tahun. Hoax dilakukan oleh beberapa orang dengan tujuan bersenang senang dan menjahili teman. Yang paling populer adalah April Mop. Meskipun kata hoax begitu populer namun banyak juga yang tidak tahu asal muasal kata hoax itu sendiri.
Asal kata hoax
Menurut yang pernah saya baca, dari pendapat seorang psikologis asal inggris, Robert Nares (1753-1829) kata “Hoax” berasal dari kata “Hocus” yang berarti menipu. Hocus juga merupakan kependekan mantra sulap yakni”Hocus Pocus”. Namun maksud penggunaan kata hoax dalam pemberitaan paslu berbeda dengan pada pertunjukan sulap. Dalam pemberitaan palsu penonton tidak sadar dibohongi sedang dalam pertunjukan sulap penonton sadar jika dibohongi.
Lalu bagaimana bisa kata hoax bisa menjadi populer? Merebaknya penggunaan kata hoax untuk menggambarkan pemberitaan palsu diperkirakan muncul pertama kali di Amerika yang berasal dari film yang berjudul The Hoax. The Hoax adalah sebuah film drama amerika yang rilis pada tahun 2006, yang disutradai oleh Lasse Hallstrom. Skenario ditulis oleh William Wheeler, Film ini dibuat berdasarkan buku dengan judul yang sama oleh Clifford Irving dan berfokus pada autobiografi Irving.
Banyak kejadian yang diuraikan Irving dalam bukunya yang diubah ataupun dihilangkan dari film, dan penulus kemudian berkata, “Saya dipekerjakan oleh produser sebagai penasihat teknis film, tapi setelah membaca naskah terakhir saya meminta agar nama saya dihapus dari kredit film”. Hal ini mungkin disebabkan karena plot naskah tak sesuai dengan novelnya.
Film The Hoax dianggap sebagai film yang banyak mengandung kebohongan sehingga kemudian banyak kalangan terutama para pengguna dunia maya yang menggunakan istilah Hoax untuk menggambarkan kebohongan atau kepalsuan. Lambat laun, penggunaan kata hoax di dunia maya semakin populer. Bahkan kabarnya hoax digunakan hampir diseluruh belahan dunia.
Itulah mengenai asal kata hoax semoga menambah pengetahuan anda akhir dari penulis

Wassalam
Baca Juga

12 komentar:

  1. istilah seperti ini harus benar-benar difahami. sebelumny saya tidak tahu apa itu hoax.tetapi setelah membaca dari beberapa sumber termasuk disini saya jadi faham sikap apa yang harus saya lakukan jika dengar kata : "itu berita hoax..." . intinya kita tidak boleh langsung menjustifikasi kabar yang masih semu kebenarannya, nilailah secara subjektif atas suatu perkara/informasi.

    salam persahabatan
    BLOG MAS USMAN
    kursuskomputergratis(dot)com

    BalasHapus
  2. Saya baru tahu asal kata "Hoax" makasih info nya gan :)

    BalasHapus
  3. Buat juga tulisan mengenai cata-cara mengetahui hoax, Bos. Di medsos soalnya jumlah hoax banyak parah.

    BalasHapus
  4. Perlu tulisan lanjutan gan tentang hoax. Asal muasal, sebab musabab, ciri-ciri, mengetahui hoax, dan mengatasi hoax. He

    BalasHapus
  5. Perlu tulisan lanjutan gan tentang hoax. Asal muasal, sebab musabab, ciri-ciri, mengetahui hoax, dan mengatasi hoax. He

    BalasHapus
  6. Makasih infonya gam=n, jadi tau deh asal muasalnya, btw katanya bacanya HOX apa ya.

    BalasHapus
  7. Makasih kang infonya, jadi tau banyak mengenai hoax

    BalasHapus
  8. Istilah yang mulai sangat populer saat ini, setiap sesuatu yang dianggap berbohong akan di labeli hoax, & tak heran kata hoax ini kemudian mejadi populer karena istilah ini banyak dibahas dimedia sosial

    BalasHapus

Back To Top