Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Selasa, 20 Desember 2016

Pengertian Ilmu Ekonomi dan Definisi Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi


Istilah ekonomi diambil dari dua bahasa Yunani, yakni oikos yang artinya rumah, dan nomos yang artinya aturan,tatanan,peraturan/hukum. Jika digabungkan oikos nomos memiliki arti pengelolaan / managemen rumah tangga. Secara bahasa bisa kita simpulkan pengertian ekonomi adalah aturan / managemen rumah tangga. Sedangkan secara umum pengertian ekonomi adalah salah satu ilmu sosialyang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Jadi ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran atau memenuhi kebutuhan. Inti dari masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan jumlah alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

Berikut beberapa pengertian ilmu ekonomi menurut beberapa ahli :

1.Adam Smith

Ilmu ekonomi merupakan ilmu dengan cara sistematis yang mempelajari mengenai seluk beluk tingkah laku manusia didalam usahanya guna mengalokasikan berbagai sumber daya terbatas atau tak terbatas untuk tercapainya tujuan tujuan tertentu dalam kehidupannya.

2.Alfred Marshall

Ilmu ekonomi merupakan studi atau ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan sehari-hari manusia.

3.Paul A Samuelson

Ilmu ekonomi ialah ilmu pilihan, ilmu ini mempelajari bagaimana orang memilh menggunakan sumber produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi.

4.Von Neumann dan Morgenstern

Ilmu ekonomi ialah disiplin ilmu yang sayang sekali apabila tidak diperlukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi solusi untuk meghadapi masalah masalah mendesak zaman iitu.

5. Lipsey

Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya  yang langka untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

6. M. Manullang

Ilmu ekonomi ialah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran ialah suatu keadaan manusia dimana ia dapat memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang ataupun jasa).

7.Alfred W

Ilmu ekonomi itu merupakan ilmu yang diabagi menjadi 3 golongan, yakni ilmu ekonomi teori, ilmu ekonomi terapan, dan ilmu ekonomi deskriptif.

8.Samuekon

Ilmu ekonomi ialah sebuah studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan meningkatkan pola pola tertentu dalam pemakaian sumber daya.

9. Jack Hirshleifer

Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu atau studi mengenai suatu keputusan di dalam memilih antara macam tindakan yang mungkin akan diambil, atau sebuah ilmu yang mempelajari mengenai apa yang akan terjadi apabila keputusan dari banyak orang yang saling mempengaruhi satu sama lain.

10.Ensiklopedi Indonesia

Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai berbagai macam usaha manusia guna mencapai kemakmuran dan juga merupakan suatu gejala gejala yang dapat menimbulkan keterikatan tertentu dalam hubungan usaha tersebut.
Selain itu dalam pengertian ekonomi ada ilmu ekonomi terapan, deskriptif, dan teori. Juga ada ekonomi makro dan ekonomi mikro. Untuk info lebih lanjut tunggu postingan saya berikutnya.

Demikian mengenai pengertian ilmu ekonomi dan definisi menurut para ahli, semoga bermanfaat bagi kita semua. Wassalam
Baca Juga

5 komentar:

  1. Rata-rata menurut ekonom modern ya. Paling tua kayaknya Adam Smith dari abad 18. Ada penjelasan dari era abad pertengahan, misal masa keemasan Islam?

    BalasHapus
  2. Ensiklopedia indonesia termasuk ahli disegala bidang gan. He

    BalasHapus
  3. Bermanfaat, apalagi buat yang sedang nyusun skripsi dan butuh banyak acuan dari para tokoh.

    BalasHapus
  4. Makasih kang infonya. Untuk bahan perbandingan di sekolah

    BalasHapus

Back To Top