Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Sabtu, 21 Januari 2017

Teori Terbentuknya Bumi

Bumi

Assalamualaikum Wr. Wb.
Kali ini saya akan membahas menganai teori mengenai terbentuknya bumi. Bumi merupakan planet yang kita huni, Bumi adalah salah satu anggota planet tata surya Bima Sakti yang ke tiga dan satu-satunya planet yang ditempati manusia.  Bumi terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Selai itu, bentuk dari permukaan bumi terus mengalami perubahan. Perubahan-perubahan tersebut disebabkan oleh tenaga endogen (tenaga dari dalam perut bumi) dan tenaga eksogen (tenaga yang berasal dari luar bumi). Namun pernakah anda berpikir bagaimana awal mula terbentuknya bumi. Berikut beberapa teori mengenai proses terbentuknya bumi.

Teori Terbentuknya Bumi

1.Teori kabut (nebula)

Sejak zaman dahulu kala para ahli memikirkan bagaimana proses terbentuknya bumi. Salah satu teori yang terkenal adalah teori kabut (nebula) yang dikemukakan oleh Immanuel Kant (1775) dan Pieere De Laplace (1796). Teori menjelaskan bahwa di jagat raya terdapat gas yang berkumpul menjadi kabut atau nebula. Kabut tersebut berupa debu, es, dan gas yang sebagian besar unsur gas berupa hidrogen. Adanya gaya gravitasi membentuk kumpulan kabut yang sangat besar dan kemudian menyusut dan mengeras serta berputar semakin cepat. Dalam proses perputaran yang sangat cepat, materi kabut bagian khatulistiwa terlempar memisah dan memadat karena pendinginan. Bagian yang terlepar tersebut kemudian membentuk planet-planet dalam tata surya. Tahapan proses terbentuknya menurut teori nebula adalah sebagai berikut.
- Matahari dan planet-planet masih berbentuk gas, kabut yang pekat dan besar.
-Kabut tersebut berputar dan berpilin dengan kuat, dimana pemadatan terjadi dipusat lingkaran yang kemudian membentuk matahari. Pada saat yang bersamaan materi lainpun terbentuk menjadi massa yang lebih kecil dari matahari yang disebut sebagai planet, bergerak mengelilingi matahari.
-Materi materi tersebut tumbuh semakin besar dan terus melakukan gerakan secara teratur mengelilingi matahari dalam satu orbit yang tetap dan membentuk susunan keluarga matahari.

2.Teori Planetisimal

Teori Planetisimal dikemukakan pada awal abad ke 20, oleh Forest Ray Moulton, seorang ahli astronomi Amerika bersama rekannya Thomas C.Chamberlain seorang ahli geologi, mengemukakan Planetisimal Hypothesis. Yang mengatakan matahari terdiri dari massa gas yang bermassa sangat besar. Suatu saat melintas bintang lain yang ukurannya hampir sama dengan matahari, bintang tersebut melintas begitu dekat hingga terjadi tabrakan. Karena dekatnya lintasan pengaruh gaya gravitasi antara dua bintang tersebut mengakibatkan tertariknya gas dan materi ringan pada bagian tepi. Karena pengaruh gaya gravitasi tersebut materi terlempar meninggalkan permukaan matahari dan permukaan bintang. Materi materi yang terlempar tersebut mulai menyusut dan membentuk gumpalan gumpalan yang disebut planetisimal. Planetisimal planetisimal lalu mendingin dan padat yang pada akhirnya membentuk planet planet yang mengelilingi matahari.

3.Teori Bintang Kembar

Teori ini dikemukakan ahli astronomi R.A Lyttleton. Menurut teori ini, galaksi berasal dari kombinasi bintang kembar. Salah satu bintang meledak sehingga banyak material yang terlempar. Karena bintang yang tidak meledak mempunyai gaya gravitasi yang masih kuat, maka sebaran pecahan ledakan bintang tersebut mengelilingi bintang yang tidak meledak itu. Bintang yang tidak meledak itu sekarang disebut dengan matahari, sedangkan pecahan bintang yang meledak adalah planet planet yang mengelilingi matahari.

4.Teori Big Bang

Berdasarkan teori big bang, proses terbentuknya bumi berawal dari puluhan miliyar tahun yang lalu. Pada awalnya terdapat gumpalan kabut raksasa yang berputar pada porosnya. Putaran tersebut memingkinkan bagian bagian kacil dan ringan terlempar ke luar dan bagian besar berkumpul di pusat, membentuk cakram raksasa. Suatu saat, gumpalan kabut raksasa itu meledak dengan dahsyat di luar angkasa yang kemudian membentuk galaksi dan nebula nebula. Selama jangka waktu kurang lebih 4,6 miliyar tahun, nebula nebula tersebut membeku dan membentuk suatu galaksi yang disebut dengan nama galaksi bima sakti, kemudian membentuk sistem tata surya. Sementara itu bagian ringan yang terlempar keluar tadi mengalami kondensasi sehingga membentuk gumpalan gumpalan yang mendingin dan memadat. Kemudian gumpalan itu membentuk planet planet termasuk bumi.

5. Menurut Alquran

Adakah diantara kita yang ingin tahu bagaimana proses terbentuknya bumi menurut Alquran. Menurut pandangan alquran penciptaan alam semesta dapat dilihat pada surat Al Anbiya ayat 30.
“Dan apakah orang orang yang kafir tidak mengetahui bahwasannya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah padu, kemudian kami pisahkan antara keduanya dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman ?”
Menurut ayat diatas dikatakan bahwa langit dan bumi dulunya merupakan kesatuan yang padu.
“Kemudian Dia menuju langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu dia berkata kepadanya dan kepada bumi,”Datanglah kamu keduanya menuruti perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab,”Kami datang dengan suka hati”
“Maka dia menjadikannya 7 langit dalam 2 masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang bintang yang cemerlang dan kami memelihara dengan sebai-baiknya” (Fushsilat 11-12)
Surat ini menerangkan bahwa yang pertama Allah kali ciptakan sebelum ada bintang-bintang dan galaksi adalah bumi, kemudian Allah swt siapkan makanan di bumi bagi subject utama penciptaan alam semesta yaitu manusia.
“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu dia bersemayam diatas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Mahasuci Allah, Tuhan semesta alam.”(Al A’raf 54).
Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah menciptakan bumi, langit, bulan dan bintang bintang dalam waktu 6 masa.

Itulah beberapa teori mengenai terbentuknya bumi, apabila ada yang salah mohon dikoreksi dan tolong sampaikan. Terimah kasih atas kunjungannya. Wassalam

Baca Juga

5 komentar:

  1. Kalau teori terbentuknya bumi datar ngga ada kan? Hahaha.

    BalasHapus
  2. Lengkap teorinya gan. Saya pakai teori yang akhir saja.

    BalasHapus
  3. Jadi bentuknya bulet apa datar nih ya? hahhaa

    BalasHapus
  4. Teori yang terakhir semakin menyakinkan kita bahwa Allah maha kuasa, mantep gan

    BalasHapus
  5. Lebih percaya sama teori nya dari al-quran hehehe :D

    BalasHapus

Back To Top