Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Senin, 13 Maret 2017

4 Macam Tipe Dasar Kepribadian Seseorang


Lebih dari 400 tahun sebelum masehi Hippocrates, seorang ahli filsafat yang sangat pandai dari Yunani, mengemukakan suatu teori kepribadian, yang pada dasarnya ada 4 jenis tempramen atau kepribadian. Sebenarnya banyak juga teori lain, tetapi yang paling terkenal dan terus dikembangkan adalah teori Hippocrates-Galenus. Yang merupakan pengembangan dari teori Empedokretus. Berdasarkan kesimpulannya, ia mengatakan bahwa keempat tipe tempramen dasar itu adalah akibat dari 4  macam cairan tubuh yang sangat penting bagi tubuh manusia, yaitu :
-Sifat kering terdapat dalam chole (empedu kuning)
-Sifat basah terdapat dalam melachole (empedu hitam)
-Sifat dingin terdapat dalam phlegma (lendir)
-Sifat panas terdapat dalam sangius (darah)
Kemudian Galenus mengambil kesimpulan jika salah satu cairan lebih dominan dari cairan lain maka cairan tersebut dapat membentuk kepribadian seseorang. Berikut 4 Macam Tipe Dasar Kepribadian Seseorang :

1.Tipe Kolerik (Chole)

Orang yang bertipe ini sangat berorientasi pada pekerjaan, dan tugas. Dia adalah seseorang yang mempunyai disiplin kerja yang sangat tinggi. Kelebihannya dia bisa melaksanakan tugas dengan setia dan bertanggung jawab dengan tugas yang diembannya. Kekurangannya ia kurang bisa merasakan perasaan orang lain, belas kasihannya terhadap penderitaan orang lain sangat tipis, karena tipe perasaannya kurang bermain.

2.Tipe Melancholis (Melanchole)

Tipe ini sangat terobsesi dengan karya yang paling bagus, sempurna, mengerti esetetika keindahan hidup dan perasaannya sangat kuat, dan sensitif. Kelemahan tipe ini adalah ia sangat mudah dikuasai perasaannya. Tidak mudah bagi orang yang bertipe ini untuk bangkit, senang, maupun tertawa.

3.Tipe Flegmatis (Phegma)

Tipe ini adalah orang yang cenderung tenang dan dari luar cenderung tidak beremosi (bersifat dingin). Tipe ini mampu menyembunyikan emosinya. Orang ini cukup menguasai dirinya cukup baik dan instropektif sekali, memikirkan ke dalam, bisa melihat, menatap dan memikirkan masalah masalah yang terjadi di sekitarnya. Orang bertipe ini adalah seorang pengamat yang kuat, penonton yang tajam, dan juga pengkritik yang bermutu. Tapi kelemahan dari tipe ini, ia lebih suka mengambil mudahnya dan tidak mau susah.

4.Tipe Sangiun (Sangius)

Tipe ini mempunyai banyak kekuatan, bersemangat, mempunyai gairah hidup, dan bisa membuat lingkungannya gembira dan senang. Namun kelamahan dari tipe ini cenderung bertindak sesuai keinginannya atau emosinya sendiri. Orang yang bertipe ini mudah sekali dipengaruhi oleh lingkungan dan rangsangan rangsangan dari luat. Tipe sangiun kurang dapat menguasai dirinya. Orang tipe ini cenderung mudah jatuh ke dalam cobaan.


Itulah keempat tipe kepribadian manusia, diantara keempat tipe tersebut tidak ada yang terbaik dan terburuk, semua pasti ada positif dan negatifnya. Sekian yang bisa saya share. Kritik dan saran dari anda selalu saya terima. Silahkan beri komentar di kolom komentar yang sudah saya sediakan terima kasih.
Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top