Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Minggu, 28 Mei 2017

Pengertian Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG)


1.Ancaman

Ancaman adalah usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional (terencana dan terarah) baik melalui tindak kriminal maupun politis. Ancaman dibedakan menjadi 2 yakni ancaman militer dan ancaman non militer. Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata yang terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.
Menurut UU RI No. 3 Tahun 2002 ancaman militer dapat berbentuk :
1.Agresi, berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan suatu negara.
2.Pelanggaran wilayah, merupakan tindakan melewati garis batas yang sudah ditentukan oleh negara tersebut tanpa melakukan izin.
3.Spionase, kegiatan memata-matai negara lain dengan tujuan mencari dan mendapatkan data rahasia.
4.Sabotase, merusak instalaso penting militer dan objek vital nasional.
5.Aksi teror, dilakukan oleh jaringan internasional/dalam negeri.
Sedang ancaman non-militer adalah ancaman yang tidak menggunakan kekuatan bersenjata namun jika tetap dibiarkan akan merugikan negara bahkan dapat membahayakan negara. Ancaman ini berdimensi pada ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi, informasi dan keselamatan umum.

2.Tantangan

Tantangan adalah usaha-usaha yang bertujuan untuk menggugah kekampuan suatu bangsa atau negara.

3.Hambatan

Hambatan adalah usaha yang berasal dari dalam dengan tujuan untuk melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional.

4.Gangguan

Gangguan adalah usaha yang berasal dari luar dengan tujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional.


Baca Juga

9 komentar:

  1. baru tau pengertiannya lebih mendalam hehe , makasih infonya gan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Wah pengertian dari semua kata kata bahasa Indonesia. Bagus buat yang belum tahu apa itu yangYang hambatan dan lain sebagainya

    BalasHapus
  3. Oooo ini yang dimaksut dengan ancaman, tantangan, gangguan, pada artikel ini yang membahas tentang pengertian ancaman, gangguan, tantangan, saya ucapkan terima kasih, karena setelah say abaca artikel ini saya menjadi tambah ilmu pengetahuan tentang pengertian ancaman dan gangguan serta tantangan, saya sebagai pembac a mengucapkan terima kasih. Atas tulisannya.

    BalasHapus
  4. Trimakasih mas infonya sangat berguna untuk pelajar khususnya smk/sma. Baca artikel ini Jadi ingat masa2 smk dulu hihihi

    BalasHapus
  5. Makaasih infonya mas, sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah ilmu, ane tunggu artikel - artikel selanjutnya

    BalasHapus
  6. Nah ini yang saya cari buat tugas akhirnya ketemu juga terimakasih.

    BalasHapus
  7. Pengerian dan iatilah-istilah Seperti ini sangat berguna sekali untuk di ketahui dan di fahamai Pasalanya Bahasa tersebut sering muncul dalam berita Kasus dan lain sebagainya. Serta yg lebih sering di gunakan oleh para Motivator untuk menyampaikan Materinya.

    BalasHapus
  8. wah makasih banget infonyya buat besok presentasi di kelas supaya lebih oke pake artikel di blog ini..Sekali lagi makasih min.

    BalasHapus

Back To Top