Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Jumat, 26 Mei 2017

Pengertian, Syarat, Macam, dan Faktor Integrasi Nasional

Pengertian Integrasi Nasional

Istilah integrasi berasal dari bahasa inggris “integrate” yang berarti menyatupadukan, menggabungkan, memperastukan. Juga istilah nasional yang berasal dari bahasa inggris “nation” yang artinya bangsa. Dengan 2 arti tersebut bisa kita simpulkan bahwa integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada dalam suatu negara sehingga tercipta keserasian dan keselarasan nasional.

Pengertian Intergrasi Nasional Secara Politis

Integrasi secara politis berarti penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial kedalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.

Pengertian Integrasi Nasional Secara Antropologis

Secara Antropologis integrasi berarti proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu kekerasan fungsi dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli

-Howard Wriggins

Integrasi bangsa berarti penyatuan bagian yang berbeda-beda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang jumlahnya banyak menjadi kesatuan bangsa.

-Myron Weiner

Integrasi merujuk pada proses penyatuan berbagai kelompok sosial dan budaya ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional. Integrasi biasanya mengandalkan adanya ssatu masyarakat yang secara etnis majemuk dan setiap kelompok masyarakat memiliki bahasa dan sifat-sifat kebudayaan yang berbeda.

-Dr. Nazaruddin Sjamsuddin

Integrasi nasional ini sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Integrasi juga meliputi aspek vertikal dan horizontal.

-J.  Soedjati Djiwandono

Integrasi nasional sebagai cara bagaimana kelestarian persatuan nasional dalam arti luas dapat didamaikan dengan hak menentukan nasib sendiri. Hak tersebut dibatasi pada suatu taraf tertentu. Bila tidak, persatuan nasional akan dibahayakan.

Syarat Integrasi Nasional

Ada juga beberapa syarat keberhasilan integrasi di dalam suatu negara, diantaranya :
a.Anggota masyarakat merasa bahwa mereka semua berhasil untuk saling mengisi kebutuhan-kebutuhan yang satu dengan yang lainnya.
b.Terciptanya kesepakatan bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan menjadi suatu pedoaman.
c.Norma-norma dan nilai-nilai sosial dijadikan aturan yang baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial.

Macam-Macam Integrasi

a.Integrasi kebudayaan

Integrasi kebudayaan adalah penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai keserasian fungsi dalam kehidupan bermasyarakat.

b.Inegrasi sosial

Integrasi sosial merupakan penyesuaian diantara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan sosial sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi bagi masyarakat tersebut.

c.Integrasi naisonal

Integrasi nasional adalah proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan dimasyarakat secara nasional sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi fungsinya bagi masyarakat tersebut.

Faktor-Faktor Terbentuknya Integrasi

a.Faktor pendorong integrasi nasional

-Faktor sejarah yang menyebabkan rasa senasib dan seperjuangan
-Adanya ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara Garuda Pancasila dan Semboyan Bhineka Tunggal Ika
-Adanya ancaman dari luar yang membuat rasa nasionalisme meningkat dikalangan bangsa Indonesia
-Penggunaan bahasa indonesia
-Keinginan bersatu dikalangan bangsa indonesia sebagaimana dinyatakan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
-Pengemban budaya gotong royong yang merupakan ciri khas kepribadian bangsa Indonesia secara turun temurun.

b.Faktor penghambat integrasi nasional

-Kurangnya rasa toleransi antar golongan/kelompok
-Kurangnya menghargai tentang kemajemukan yang bersifat heterogen
-Lemahnya nilai-nilai budaya indonesia akibat pengaruh dari budaya asing
-Kurangnya kesadaran dari masyarakat Indonesia terhadap ancaman dan gangguan dari luar


Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top