Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Rabu, 17 Mei 2017

Pengertian, Ciri, Struktur, Pola Penyajian, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Biografi

Pengertian Biografi


Kata Biografi diambil dari bahasa Yunani, Bios yang berarti hidup dan Graphien yang berarti membahas. Secara sederhana biografi dapat diartikan riwayat hidup. Arti biografi sendiri adalah karangan atau teks yang isinya menjelaskan riwayat hidup seseorang tokoh yang mempunyai peranan penting dalam menginspirasi kehidupan yang ditulis oleh orang lain.Biografi berbeda dengan autobiografi, bila autobiografi ditulis diri sendiri sedang biografi ditulis oleh orang lain
Biografi bisa dalam berbentuk buku (biografi panjang)  ataupun teks (biografi pendek), biasanya dalam bentuk teks hanya menceritakan peristiwa pentingnya saja dan tidak terlalu dijelaskan secara rinci. Sedang biografi dalam bentuk buku terdiri dari informasi penting yang dikisahkan lebih detail.
Baca Juga : Pengertian, Jenis, dan Contoh Kata Ganti

Ciri Biografi

- Peristiwa yang ditulis dalam biografi haruslah peristiwa yag benar benar terjadi dan dialami oleh tokoh.
- Ditulis orang lain.
- Tokoh yang ada di dalam biografi haruslah orang yang menginspirasi.
- Berbentuk cerita yang berurutan atau kronologis.
- Mengandung unsur penokohan dan latar kejadian.

Struktur Biografi

1.Orientasi

Orientasi atau pembukaan biasanya berisi tentang identitas tokokh yang akan dibahas, juga bisa berisi pengenalah tokoh dan gambaran awal tokoh tersebut.

2. Peristiwa dan Masalah

Pada bagian ini menceritakan suatu kejadian atau peristiwa-peristiwa penting yang dialami tokoh yang mengandung urutan waktu.

3. Reorientasi

Bagian ini boleh ada boleh tidak dalam teks biografi, bagian ini berisi komentar penulis tentang tokoh yang diceritakan dalam teks biografi.

Pola Penyajian Teks Biografi

Pola penyajian teks biografi dapat kita lihat dalam 4 hal yakni :
- Alur
- Sudut pandang
- Gaya penulisan
- Fokus penceritaan

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Dalam teks biografi terdapat beberapa kadiah yang harus diperhatikan, antara lain :
- Penggunaan kata ganti/pronomina, dalam teks biografi kata ganti yang biasa digunakan adalah kata ganti orang ketiga.
- Penggunaan kata kerja tindakan.
- Penggunaan kata adjektiva/kata sifat.
- Penggunaan kalimat pasif/aktif.
- Penggunaan kalimat simpleks dan kalimat kompleks.

Contoh Teks Biografi


Biografi Ahmad Fuadi Penulis Novel Negeri 5 Menara
Ahmad Fuadi merupakan salah satu novelis terkenal asal Indonesia. Ia merupakan penulis novel terkenal “Negeri 5 Menara”. Karya fiksinya dinilai dapat menumbuhkan semangat untuk berprestasi. Walaupun masih tergolong baru terbit, karyanya sudah masuk dalam jajaran Best Seller tahun 2009.
            Ahmad Fuadi mulai terkenal sejak novel pertamanya terbit “Negeri 5 Menara”. Novel ini juga diadaptasi ke layar lebar pada tahun 2012 dengan judul yang sama, dan menjadi salah satu film terlaris pada tahun 2012. Ia telah mendapat banyak penghargaan, salah satunya ialah Penulis dan Buku Fiksi Terfavorit versi Anugerah Pembaca Indonesia.
            Fuadi dilahirkan di Nagari Bayur, sebuah kampung kecil di pinggir Danau Maninjau, Sumatra Barat pada 30 Desember 1972. Ibunya merupakan seorang guru SD dan ayahnya seorang guru madrasah. Fuadi menghabiskan masa kecilnya dan bersekolah hingga Sekolah Menengah Pertama di Bayur.
Setelah lulus SMP ia merantau ke Jawa untuk menuruti permintaan ibunya untuk belajar di sekolah agama. Ia masuk di KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo pada tahun 1988.  Di pondok tersebut Fuadi mendapat banyak nasehat dari ustad-ustadnya, salah satunya adalah “Man Jadda Wajadda” yang artinya barang siapa bersungguh-sungguh pasti berhasil, serta ada kata-kata lagi yang selalu ia ingat bahwa “orang paling baik diantaramu adalah orang yang paling banyak manfaatmya”. Pesan-pesan tersebut yang menjadi prinsip yang selalu ia pegang dalam hidupnya.
Pada 1992, Ahmad Fuadi lulus dari Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Padjadjaran dengan jurusan Hubungan Internasional. Saat kuliah, Fuadi pernah mewakili Indonesia ketika mengikuti Progam Youth Exchange Progam di Quebec, Kanada pada tahun 1995-1996. Di akhir kuliah di Bandung, Fuadi mendapat kesempatan kuliah satu semester di National University of Singapore progam SIF Fellowship pada tahun 1997. Pada masa kuliah Fuadi sering mengirim artikel untuk dikirim keberbagai media massa. Hal ini ia lakukan untuk membayar biaya kuliah.
Setelah lulus kuliah Fuadi diterima sebagai wartawan Tempo. Setahun kemudian ia pergi ke Washington bersama Yayu, istrinya yang juga wartawan tempo untuk mengikuti progam S-2 di School of Media and Public Affairs, George Washington University pada tahun 2001. Sambil kuliah mereka menjadi koresponden Tempo dan wartawan Voice of America.
Tahun 2004 Fuadi kembali mendapat beasiswa untuk belajar di Royal Holloway, University of London untuk bidang fil dokumenter.  Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Komunikasi di Sebuah NGO konservas : The Nature Conservancy.
Tahun 2009 Ahmad Fuadi membuat novel pertamanya Negeri 5 Menara. Novel ini mendapat beberapa penghargaan antara lain Longlist Khatulistiwa Literaty Award 2010, Penulis dan Fiksi Terfavorit, Anugerah Pembaca Indonesia 2010, dan Buku Fiksi Terbaik, Perpustakaan Nasional Indonesia 2011. Pada 23 Januari 2011, Fuadi menerbitkan novel kedua berjudul Ranah 3 Warna. Novel ini merupakan novel kedua dari trilogi Negeri 5 Menara. Novel ketiga Ahmad Fuadi diterbitkan pada 2013 dengan judul Rantau 1 Muara, yang merupakan trilogi ketiga dari novel Negeri 5 menara. Dan novel terbarunya ialah Beasiswa 5 Benua. Semua karyanya sangatlah menarik dan inspiratif, ini menunjukkan bahwa Ahmad Fuadi merupakan orang yang kreatif.
Sudah sepantasnya kita sebagai generasi muda untuk membaca dan mencontoh sikap yang dimiliki Ahmad Fuadi. Karya-karyanya menginspirasi untuk kita menjadi lebih berprestasi. Semoga kerya-karyanya dapat membuat kita lebih semangat dalam mencapai cita-cita kita.
Baca Juga

1 komentar:

  1. wah bookmark nih, buat bahan untuk ujian hehe makasih info nya

    BalasHapus

Back To Top