Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Sabtu, 10 Juni 2017

Astagatra


Konsep wawasan nusantara merupakan suatu konsep dalam cara pandang dan pengaturan yang mencakup segenap kehidupan bangsa yang dinamakan astagatra, yang terdiri dari aspek alamiah (trigatra) dan aspek sosial (pancagatra). Trigatra terdiri dari 3 aspek yakni geografi, kekayaan alam, dan kependudukan. Sedang konsep pancagatra sendiri sesuai namanya panca terdiri dari 5 aspek yakni Ideologi, Politik, sosial, ekonomu, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Trigatra

A. Geografi

Sesuai yang kita ketahui Negara Indonesia merupakan negara kepulauan dengan laut yang luas. Secara gerografis berada dalam terletak diantara 2 samudra dan 2 benua. Gatra Geografi ini berperan dalam persoalan global positif maupun negatif.

B. Kekayaan alam

Kekayaan alam Indonesia sangatlah melimpah. Sumber-sumber kekayaan alam tersebut ada yang di permukaan bumi, laut, perairan maupun dalam bumi.

C. Kependudukan

Penduduk adalah sekelompok manusia yang mendiami suatu tempat atau wilayah. Adapun faktor penduduk yang mempengaruhi ketahanan nasional antara lain Faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk, faktor yang mempengaruhi komposisi penduduk, dan faktor yang mempengaruhi distribusi penduduk.

Pancagatra

A. Ideologi

Ideologi suatu negara dapat diartikan sebagai  prinsip yang dijadikan dasar suatu bangsa. Ideologi adalah pengetahuan dasar atau cita-cita. Ideologi merupakan konsep yang mendalam mengenai kehidupan yang dicita-citakan serta yang ingin diperjuangkan dalam kehidupan nyata.

B. Politik

Politik dapat diartikan sebagai asas, haluan, atau kebijaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan. Sistem politik yang diterapkan dalam suatu negara sangat menentukan kehidupan politik di negara tersebut.

C. Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan pemerintah dan masyarakat dalam mengelola faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyat. Upaya meningkatkan ketahanan ekonomi adalah upaya meningkatkan produksi dan kelancara distribusi barang dan jasa secara merata ke seluruh wilayah.

D. Sosial budaya

Ketahanan sosial budaya adalah kondisi bangsa yang dijiwai kepribadian nasional pancasila. Hal yang harus diperhatikan antara lain “
-Kebudayaan daerah
-Kebudayaan nasional
-Integrasi nasional
-Kehidupan beragama
-Pendidikan

E.Pertahanan Keamanan


Pertahanan keamanan diartikan sebagai kondisi dinamika dalam kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi ATHG yang membahayakan identitas, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top