Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Kamis, 29 Juni 2017

Pengertian, Macam-Macam, dan Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia


Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan secara muncul secara naruliah dalam diri manusia. Kebutuhan adalah hasrat atau keinginan manusia terhadap barang atau jasa yang dapat memberi kepuasan terhadap manusia itu sendiri, baik kepuasan jasmani maupun kepuasan rohani guna mencapai kemakmuran. Kemakmuran sendiri artinya kondisi dimana sebagian besar kebutuhan manusia terpenuhi.

Macam-Macam Kebutuhan

Berbagai jenis kebutuhan manusia dapat diklasifikaiskan menurut tolak ukur tertentu. Sebab itu kebutuhan terbagi atas beberapa jenis, antara lain :

Berdasarkan intensitasnya (menurut kepentingannya)

-Kebutuhan primer
Kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi manusia agar dapat mempertahankan hidupnya. Kebutuhan primer contohnya pakaian, makanan, dan tempat tinggal.
Kebutuhan sekunder
Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan agar kegiatan manusia dapat berjalan dengan lancar. Contoh peralatan rumah tangga, Handphone, komputer, meja, kursi, dan lain sebagainya.
Kebutuhan tersier
Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan ketiga setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Biasanya kebutuhan tersier ini bersifat mewah, contohnya Mobil mewah, rumah mewah, dan lain sebagainya.

Berdasarkan sifatnya

Kebutuhan jasmani
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan manusia yang diperlukan oleh raga/ tubuh. Contohnya istirahat, olahraga, makan, minum dan lain sebagainya
Kebutuhan rohani
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan dalam pemenuhan jiwa atau batin. Contohnya beribadah, rekreasi, mendengar musik dan lain sebagainya.

Berdasarkan subjeknya

Kebutuhan individu
Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang diperuntukkan untuk perorangan saja (individual). Contohnya kebutuhan petani akan cangkul, kebutuhan siswa akan buku dan lain sebagainya.
Kebutuhan kolektif/kelompok
Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang diperuntukkan untuk kepentingan orang banyak secara bersama sam. Contohnya pasar, rumah sakit, jalan raya dan lain sebagainya.

Berdasarkan waktunya

Kebutuhan sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang pemenuhannya harus dilakukan sekarang dan tidak dapat ditunda-tunda. Contohnya operasi, obat, dan lain sebagainya.
Kebutuhan yang akan datang
Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan di kemudian hari dan dapat ditunda karena tidak harus sekarang. Contohnya tabungan, orang tua yang mempersiapkan biaya anaknya, dan lain sebagainya.

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan

Tempat tinggal (keadaan alam)

Keadaan alam yang berbeda-beda mengakibatkan berbeda pula kebutuhannya. Contohnya orang yang tinggal di daerah dingin akan membeli pakaian yang tebal dan hangat, sedangkan orang yang tinggal di daerah panas akan memilih membeli pakaian yang tipis. Keadaan alam mendorong manusia agar memperoleh barang-barang yang sesuai dengan keadaan alamnya.

Peradaban

Makin tinggi peradaban suatu masyarakat makin banyak pula kebutuhan dan makun tinggi juga kualitas dan mutu barang yang dibutuhkan. Pada zaman purba kebutuhan manusia masih sedikit. Namun seiring berkembangnya peradaban, kebutuhan manusia semakin banyak. Contohnya orang pedalaman tidak membutuhkan telephone, sedang orang kota membutuhkannya.

Usia

Usia juga mempengaruhi kebutuhan sebagai contoh bayi yang berusia 0-6 bulan hanya membutuhkan makanan asi sedang orang dewasa mambutuhkan nasi, sayur, lauk pauk, buah, dan juga susu (4 sehat 5 sempurna).

Agama

Seseorang dengan agama berbeda tentunya memiliki kebutuhan berbeda pula. Contohnya agama islam yang melakukan sholatnya biasanya menggunakan kain sarung, dan mukena bagi yang perempuan. Hal ini tentunya berbeda degan agama lain.

Pendapatan

Pendapatan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Makin tinggi pendapatan seseoarang makin tinggi pula kebutuhannya, dan juga sebaliknya.

Pendidikan

Makin tinggi tingkat pendidikan seseorang makin tingi juga pemenuhan kebutuhannya. Misalnya kebutuhan anak SD pasti berbeda dengan mahasiswa.

Adat istiadat


Adat istiadat dimasyarakat juga merupakan faktor yang mempengaruhi kebutuhan. Misalnya upacara pernikahan orang betawi pasti kebutuhannya berbeda dengan upacara pernikahannya orang jawa.
Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top