Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Jumat, 30 Juni 2017

Pengertian, Ciri dan Faktor yang Mempengaruhi Kelangkaan


Pengertian Kelangkaan

Kebutuhan manusia selalu saja bertambah setiap saat. Saat kebutuhan ini terpenuhi muncul keinginan akan kebutuhan lain, begitulah sifat manusia. Kebutuhan manusia bersifat tak terbatas, namun sumber daya yang tersedia sifatnya terbatas. Hal inilah yang bisa menyebabkan kelangkaan.
Jadi, kelangkaan dapat kita artikan kondisi atau keadaan dimana jumlah sumber daya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sifatnya tak terbatas. Menurut ilmu ekonomi, kelangkaan mempunyai dua makna, yaitu :
-Alat pemenuhan kebutuhan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.
-Untuk dapat mendapatkan alat pemuas kebutuhan memerlukan pengorbanan yang lain.
Masalah kelangkaan selalu dihadapi oleh manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam menghadapi masalah ekonomi, ilmu ekonomi berperan penting karena masalah ekonomi yang sebenarnya adalah bagaimana kita mampu menyeimbangkan antara keinginan yang sifatnya tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Apabila suatu sumber daya dapat digunakan untuk menghasilkan suatu alat pemuas kebutuhan dalam jumlah tak terbatas, maka sumber daya tersebut dikatakan tidak mengalami kelangkaan.

Ciri-Ciri Terjadinya Kelangkaan

Kelangkaan dapat dikenali dengan ciri-ciri, antara lain sebagai berikut :
-Jumlah alat pemuas kebutuhan sangat terbatas sehingga sulit untuk diperoleh.
-Harga kebutuhan melonjak drastis dari harga biasanya karena jumlahnya terbatas dan permintaan akan barang tersebut tinggi.
-Konsumen harus berkorban untuk memperoleh barang atau jasa tersebut, bahkan sampai mengorbankan kebutuhan lain umtuk memenuhi kebutuhan yang lebih utama.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelangkaan

Keterbatasan sumber daya

Terbatasnya sumber daya dan tak terbatasnya kebutuhan manusia tentu akan menyebabkan terjadi kelangkaan. Meskipun sumber daya dapat diperbaharui jika manusia menggunakan sumber daya tersebut dengan sembarangan, maka lambat laun sumber daya tersebut akan berkurang dan akan terjadi kelangkaan.

Jumlah penduduk

Pertumbuhan penduduk selalu lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi barang dan jasa. Dengan lebuh banyak penduduk daripada alat pemuas kebutuhannya otomatis hal ini bisa menyebabkan terjadinya kelangkaan.

Keterbatasan kemampuan produksi

Dengan terbatasnya kemampuan produksi otomatis barang yang dihasilkan tidak akan terlalu banyak dan tidak bisa memebuhi kebutuhan masyarakat dan bisa menyebabkan kelangkaan.

Perbedaan letak geografis

Sumber daya alam tentunya tidak merata disetiap daerah. Ada daerah yang sangat subur, ada juga daerah yang tandus dan selalu kekeringan air. Perbedaan ini bisa menyebabkan sumber daya menjadi langka, terutama untuk daerah yang tidak memiliki sumber daya melimpah.

Bencana alam


Bencana alam bisa mengakibatkan kerusakan bangunan, tempat usaha, bahkan sumber daya alam. Dengan adanya bencana memungkinkan akan tejadi kelangkaan apabila terjadi kerusakan yang parah pada sumber daya yang ada. 
Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top