Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Sabtu, 17 Juni 2017

Pengertian, Fungsi, Unsur, dan Bidang Manajemen

Ilmu mengenai manajemen telah diketahui lama oleh manusia. Bahkan diperkirakan pembangunan piramida di Mesir telah menggunakan ilmu menejemen. Namun manajemen ilmiah sendiri dipopulerkan oleh Frederick Winslow Taylor dalam bukunnya yang berjudul Principles of Scientific Management, pada tahun 1911. Taylor mendeskripsikan manajemen ilmiah sebagai penggunaan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Pengertian Manajemen

Kata manajemen banyak memiliki pendapat darimana asalnya, ada yang mengatakan kata manajemen berasal dari  bahasa yunani kuno menagement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Selain itu kemungkinan kata manajemen berasal dari bahasa itali maneggiare yang artinya mengendalikan.
Berdasarkan kata asalnya bisa disimpulkan manajemen adalah suatu cara menyelesaikan pekerjaan. Berikut beberapa pendapat ahli mengenai arti manajemen.
1.Hilman
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.
2.G.R. Terry
Manajemen adalah suatu kerangka kerja/proses yang membutuhkan pengarahan dan bimbingan suatu kelompok orang-orang untuk mencapai tujuan organisasi yang nyata.
3.Henry Fayol
Manajemen adalah suatu ilmu yang mengandung gagasan/ide 5 fungsi utama yaitu merancang, memerintah, mengorganisasi, mengendalikan dan mengoordinasi.
4.F. W. Taylor
Manajemen adalah sebuah percobaan yang dilakukan secara sungguh-sungguh guna menghadapi setiap persoalan yang muncul dalam setiap kepemimpinan perusahaan/organisasilain/setiap sistem kerjasama yang dilakukan setiap manusia dengan sikap serta jiwa seorang sarjana serta penggunaan alat-alat perumusan.
5.John D. Millet
Manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan.

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen setiap ahli memiliki pandangan yang berbeda-beda, namun secara umum fungsi manajemen bisa kita kelompokkan menjadi 5 yaitu :

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Perencanaan merupakan langkah awal yang dilakukan dalam menentukan tujuan suatu perusahaan. Dalam perencanaan bisa mencakup rencana strategi, kebijakan, anggaran, progam, metode, sistem, dan lain sebagainya guna mencapai tujuan.

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Langkah selanjutnya setelah proses perencanaaan adalah pengorganisasian. Pengorganisasian merupakan proses pembagian kerja. Pengorganisasia bertujuan untuk membagi suatu kegiatan yang besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil.

3.Fungsi Staffing

Setelah ditentukan tugas-tugas, langkah selanjutnya ialah menentukan siapa yang akan melaksanakan tugas tersebut, inilah fungsi dari staffing. Staffing meliputi penarikan, pelatihan, dan pengembangan serta penempatan dan pemberian kerja bagi karyawan.

4.Fungsi Pengarahan (Directing)

Pengarahan adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan.

5.Fungsi Pengawasan (Controling)

Pengawasan merupakan kegiatan untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan demi tercapainya rencana yang telah ditetapkan. Pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi kegagalan.

Unsur-Unsur Manajemen

Unsur-unsur manajemen terdiri atas 6, untuk lebih mudahnya kita bisa menyingkatnya menjadi 6M, yang terdiri atas Man, Money, Material, Machines, Methods dan Markets.

-Man (Manusia)

Man atau manusai adalah unsur terpenting dalam manajemen, tanpa manusia proses manajemen tidak akan bisa berlangsung karena manusialah yang menjadi penggeraknya.

-Money (Uang)

Untuk melakukan berbagai kegiatan perusahaan pasti diperlukan uang, semisal pembayarak pegawai pembelian bahan baku dan lain sebagainya.

-Material (Bahan)

Material adalah faktor utama dalam proses produksi. Tanpa adanya bahan proses produksi tidak akan bisa terlaksanan.

-Methods (Metode)

Guna bahan tadi dapat diproses dibutuhkanlah metode atau tata cara produksi agar proses produksi bisa berjalan dengan lancar.

-Machines (Mesin)

Mesin sangat dibutuhkan dalam perusahaan, mesin dapat membantu kegiatan perusahaan seperti membantu proses produksi agar menjadi lebih cepat dan efesien.

-Markets (Pasar)

Pasar merupakan sarana yang tidak kalah penting, tanpa adanya pasar perusahaan tidak akan bisa menjual produk yang telah dihasilkan.

Bidang Bidang Manajemen

Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah kegiatan untuk mengoordinasikan serta mengatur faktor-faktor produksi seperti SDA, SDM, modal dan kemampuan kewirausahaan secara efektif dan efisien untuk dapat menciptakan dan menambah nilai guna suatu barang ataupun jasa. Manajemen produksi merupakan proses manajemen yang bertanggung jawab dalam seluruh aktifitas produksi, distribusi, maupun manajemen proyek yang sedang dilakukan oleh organisasi.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah suatu rencana kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan analisa situasi dan tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen pemasaran merupakan seuah kegiatan yang berhubungan dengan proses perpindahan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Tujuan dari manajemen ini umumnya untuk meningkatkan jumlah penjualan dari produk yang dihasilkan organisasi/perusahaan.

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan bidang manajemen yang berfokus pada keuangan (pendanaan) suatu organisasi, yang dilakukan secara efektif dan efisien guna memaksimalkan keuntungan perusahaan/organisasi.

Manajemen Personalia

Bidang manajemen ini berfokus pada masalah faktor produksi tenaga kerja (karyawan) dalam suatu organisasi/perusahaan agar tujuan yang telah direncanakan dapat dicapai secara optimal.

Manajemen Administrasi

Manajemen administrasi merupakan bidang manajemen yang memberikan informasi layanan dalam bidang administrasi yang diperlukan untuk membantu manajemen dalam menetapkan garis-garis kebijakan dan operasional sehari-hari.


Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top