Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Minggu, 18 Juni 2017

Masalah Pokok Ekonomi Menurut Aliran Klasik dan Modern


Masalah pokok ekonomi adalah masalah dasar yang dihadapi oleh pelaku ekonomi dalam suatu lingkungan perekonomian. Hal ini bisa terjadi akibat adanya kelangkaan alat pemuas kebutuhan yang berdampak pada aspek ekonomi lainnya. Kelangkaan alat pemuas kebutuhan ini terjadi sebab terbatasnya jumlah sumber daya ekonomi.
Masalah pokok ekonomi dibedakan menjadi 2 aliran, yakni aliran klasik, dan aliran modern

Masalah Pokok Ekonomi Aliran Klasik

Berdasarkan aliran ekonomi klasik, masalah pokok ekonomi dapat dibedakan menjadi 3, yakni :

1.Masalah Produksi

Produksi merupakan kegiatan mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi atau setengah jadi guna memenuhi kebutuhan manusia. Masalah pokok yang dihadapi dalam hal produksi adalah keterbatasan jumlah sumber daya ekonomi atau faktor-faktor produksi yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk.

2.Masalah Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan mengurangi nilai guna suatu barang atau jasa. Pelaku ekonomi dalah bidang ini mengalami masalah berupa kelangkaan alat pemuas kebutuhna  akibat terbatasnya sumber daya ekonomi.

3.Masalah Distribusi

Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Masalah ekonomi bidang distribusi adalah jalur dan cara distribusi yang tidak efisien sehingga meningkatkan harga suatu produk. Rantai distribusi yang telalu panjang juga bisa mengakibatkan masalah seperti kerusakan produk, kenaikan harga, dan sebagainya.

Masalah Pokok Ekonomi Aliran Modern

Masalah pokok ekonomi aliran modern meliputi 3 hal yakni What, How, and For Whom.

1.Masalah What (apa)

Masalah ini berkaitan dengan apa dan berapa jumlah barang/jasa yang perlu diproduksi supaya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

2.Masalah How (bagaimana)

Bagaimana barang/jasa tersebut diproduksi menjadi masalah berikutnya yang harus dipertimbangkan. Dalam hal ini harus dipertimbangkan pelaku, faktor-faktor produksi, dan teknik apa yang digunakan.

3.Masalah For Whoh (untuk siapa)

Masalah for whom meliputi untuk siapa produk dihasilkan dan juga siapa-siapa saja yang akan memperoleh manfaat dengan adanaya produksi tersebut termasuk pelaku produksi.

Upaya Mengatasi Masalah Pokok Ekonomi

1.Pemerintah atau produsen harus menganalisa keadaan pasar mengenai jenis kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat dan berapa jumlah kasar untuk memprediksi jumlah produk yang akan diproduksi sehingga kebutuhan masyarakat benar-benar terpenuhi.
2.Pemerintah atau produsen harus menentukan produksi teknik yang efisien dan efektif.
3.Produsen atau pemerintah harus mengetahui ketersediaan sumber daya ekonomi yang dimiliki.

4.Produsen atau pemerintah harus melakukan analisis pasar untuk menentukan konsumen yang akan menggunakan barang yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar dan mencakup konsumen yang luas dan tertarget.
Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top