Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Selasa, 27 Juni 2017

Pengertian, Hukum, dan Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran


Pengertian Permintaan dan Penawaran

Permintaan (Demand) adalah banyaknya barang yang diminta pada harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran (Supply) adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada waktu dan harga tertentu. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk analisa ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan penjual. Ini juga bisa digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas (harha keseimbangan). Model ini mengakomodasi kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan ataupun penawaran.

Hukum Permintaan dan Penawaran

Hukum permintaan berbunyi “Semakin rendah harga suatu barang maka semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi harga suatu barang maka akan sedikit permintaan terhadap barang tersebut. Hukum tersebut tidak berlaku mutlak. Hukum permintaan dapat berlaku apabila dalam keadaan catreis paribus (faktor-faktor lain dianggap tetap).
Hukum penawaran berbunyi “Semakin tinggi harga suatu barang maka semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. Sebaliknya semakin rendah harga suatu barang makan semakin sedikit pula barang yang ditawarkan.” Hukum ini juga dianggap mutlak cateris pabirus.

Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan

-Harga barang itu sendiri
Tinggi rendahnya harga suatu barang akan mempengaruhi sedikit banyaknya jumlah barang yang diminta oleh masyarakat. Apabila harga suatu barang naik maka permintaan akan turun, sebaliknya juka harga barang turun permintaan akan naik.
-Pendapatan Masyarakat
Pendapatan masyarakat mempengaruhi daya beli masyarakat. Tinggi rendahnya pendapatan masyarakat akan mempengaruhi jumlah permintaan. Semakin tinggi pendapatan maka akan naik pula permintaannya. Sebaliknya apabila pendapatn rendah permintaan juga akan turun.
-Intensitas kebutuhan
Mendesak tidaknya atau penting tidaknya kebutuhan sesorang terhadap barang akan mempengaruhi jumlah permintaan. Bila kebutuhan akan barang bersifat mendesak/penting maka permintaan akan barang tersebut akan meningkat. Semisal pada musim hujan orang-orang akan terdesak untuk membeli payung atau jas hujan, sehingga permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat.
-Jumlah penduduk
Jumlah penduduk juga mempengaruhi permintaan. Makin besar jumlah penduduk makin tinggi pula jumlah permintaan dan sebaliknya.
-Selera
Selera juga mempengaruhi jumlah permintaan. Bila selera konsumen terhadap suatu barang tinggi, maka permintaan akan barang tersebut akan meningkat. Demikian juga sebaliknya, misalnya Selera akan Iphone meningkat otomatis jumlah permintaan akan Iphoen juga akan meningkat.
-Barang pengganti
Bila harga penggati turun, maka permintaan akan barang awal (barang yang digantikan) akan turun, karena masyarakat akan lebih memilih barag pengganti tersebut. Contoh apabila harga Komputer mahal, sedang harga laptop turun. Masyarakat akan lebih memilih membeli laptop (barang pengganti) dari pada membeli komputer karena harga laptopyang lebih murah.
Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran
-Biaya produski
Tinggi rendahnya biaya produksi barang, akan mempengaruhi tinggi rendahnya harga barang dan akan mempengaruhi pula jumlah penawaran barang tersebut.
-Pajak atau subsidi
Jika pajak atas suatu produk meningkat, maka produksi atas barang tersebut berkurang sehingga penawaran akan menurun, begitu juga sebaliknya.
-Perkiraan harga di masa yang akan datang
Jika perkiraan harga suatu barang akan naik bulan depan, maka penawaran saat ini akan menurun karena penjual akan menyimpan barang tersebut dan dikeluarkan saat harga barang sudah naik.
Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top