Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Minggu, 28 Februari 2021

Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Semenjak ilmu ini menjadi ilmu yang mempelajari kebutuhan tak terbatas, sepertinya pembasahan tentang ekonomi ini tidak akan pernah ada habisnya. Ya, seperti tidak ada batasnya saja. Sama hal dengan Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi. Selalu ada saja kajian yang akan membahas dan memperbaharuinya.

Kenapa bisa begitu ya? Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

ini contohnya seperti apa? Jika pertanyaan tersebut sedang ada di benak Anda sekarang, sepertinya Anda cukup beruntung karena mendapatkan jawabannya di sini, sebentar lagi.

Kelangkaan dan keterbatasan manusia dan sumber daya, menjadi alasan kegiatan ekonomi ada. Termasuk dengan para pelaku ekonomi yang menjadi roda perputaran ekonomi suatu negara. Singkatnya karena keterbatasan manusia untuk berpindah dari satu pulau ke pulau lain, industri penerbangan dibuat. Anda harus membayar untuk bisa menikmatinya.

Atau contoh kecil ketika Anda merasa lapar, tetapi tidak sumber daya alam yang bisa dimakan langsung. Akhirnya Anda bekerja untuk mendapatkan uang, uangnya akan digunakan unuk membeli makanan nanti setelah mendapatkan gaji dari pekerjaannya.

Atau kamu punya uang, tetapi tidak punya banyak waktu untuk memasak, atau membeli makanan di luar. Lalu dipesankanlah makanan lewat aplikasi ojek daring. Anda, perusahaan tempat Anda bekerja, ojeg daring, sampai kepada warung makanan yang menyediakan makanan yang bisa dipesan via daring seperti pada kasus di atas.

Itulah contoh sederhana menggambarkan Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi. Tukang ojeg berperan mengantarkan makanan dari penjual makanan ke pembeli, secara langsung juga mengantarkan uang dari pembeli ke penjual makanan. Penjual, pembeli dan perantara, bahkan perusahaan tempat pembeli berada, tentu akan mendapatkan keuntungan. Itulah kegiatan ekonomi dan pelakunya

A. Pengertian Kegiatan Ekonomi

Singkatnya secara teori. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dijalin antara para pelaku ekonomi untuk mewujudkan salah satu ketidak terbatasan keinginan manusia. Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi lebih jelas lagi seperti ini : Anda bertugas sebagai seorang pelaku konsumtif karena membeli makanan untuk dikonsumsi .

Sedangkan si pemilik warung yang menjual makanan lewat aplikasi ojek daring tersebut bertugas sebagai pelaku produktif. Karena dia telah menghasilkan satu produk berupa makanan dari berbagai bahan yang sebelumnya terpisah satu sama lain.

Adapun warung, ojeg daring dan aplikasi dari ojeg daring merupakan salah satu contoh pelaku ekonomi yang distributif. Tugasnya adalah mengantarkan sesuatu dari pelaku konsumtif kepada pelaku produktif. Tiga-tiganya akan mendapatkan keuntungan dalam perjalanan kegiatan ekonomi tersebut.

B. Tujuan Kegiatan Ekonomi

Tidak ada pengertian atau keterangan yang pas tentang tujuan ekonomi selain adalah untuk memenuhi kebutuhan para pelaku ekonomi. Karena itulah, peran Pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi harus dimaksimalkan supaya tujuan kegiatan ekonomi tetap berlangsung.

Kebutuhan seseorang harus selalu tersedia dan disediakan oleh pelaku ekonomi produktif supaya pelaku ekonomi produktif tetap hidup. Supaya lebih mudah, maka perlu ada peran dari pelaku ekonomi distributif dalam menyampaikan kebutuhan itu.

C. Pelaku Ekonomi

Masyarakat di dalam negeri yang memiliki status berumah tangga atau berkeluarga merupakan salah satu contoh pelaku ekonomi. Peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi juga meliputi tiga macam pelaku ekonomi lainnya.

Sebelumnya kita sama-sama sudah mengenal pelaku ekonomi produktif, konsumtif dan distributif, kali ini kita akan sama-sama membahas tentang apa itu rumah tangga produsen, rumah tangga konsumsi, rumah tangga masyarakat luar negeri, rumah tangga pemerintah dan lain sebagainya.

- Rumah Tangga Konsumsi

Salah satu penentu dalam terwujudnya kegiatan ekonomi yang saling menguntungkan adalah adanya rumah tangga konsumsi. Rumah tangga yang selalu membutuhkan sesuatu untuk mereka gunakan. Rumah tangga konsumsi ini juga menjadi salah satu pengaruh yang akan menjadikan rumah tangga yang lain bekerja.

Dalam koneksinya dengan rumah tangga produsen. Selain akan menjadi pelaku ekonomi yang membeli, menggunakan dan memakai produk dari rumah tangga produsen, seseorang di tempat rumah tangga konsumsi juga bisa menjadi penyedia tenaga kerja, penanam modal, pengatur kegiatan pada sektor rumah tangga produsen.

- Rumah Tangga Produsen

Dalam praktiknya rumah tangga produsen ini berbentuk sebuah kumpulan individu dari rumah tangga konsumsi yang membentuk suatu perusahaan. Di tempat itu merekap memproduksi barang-barang atau jasa yang bisa dipakai untuk para pelaku konsumsi.

Di tempat tersebut juga para pelaku konsumsi mendapatkan penghasilan dari gaji atau pendapatan umum deviden (laba dari saham). Semakin sering kegiatan usaha di bidang rumah tangga produsen ini dimanfaatkan oleh para pelanggannya, maka semakin mungkin setiap individu dalam organisasi atau perusahaan ini juga mendapatkan keinginannya.

Inilah peran Pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

- Rumah Tangga Pemerintah

Lebih jauh lagi, ada pihak yang menjadi rumah tangga pemerintah. Secara umum mereka bertugas untuk menyediakan kesejahteraan sosial untuk seluruh individu yang ada di bawah pemerintahan. Menyediakan segala jenis kebutuhan mereka melalui kebijakan atau aturan yang mengatur kegiatan ekonomi secara langsung.

Motif sosial inilah yang menjadi peran Pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi pada rumah tangga pemerintah.  Contoh lebih jelasnya adalah mereka dalam rumah tangga ini melakukan aktivitas seperti :

Mengeluarkan undang-undang, kebijakan dan peraturan untuk mendapatkan penghasilan, peraturan untuk mewujudkan peradaban yang lebih nyaman dan tenteram untuk semua warganya.

Contoh lainnya adalah pajak. Yang di mana dengan adanya pajak ini, semua infrastruktur negeri untuk mencerdaskan bangsa dibiayai. Dengan pajak juga infrastruktur lain seperti membangun jalan, atau membangun sumber daya pada satu tempat.

- Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri

Peran selanjutnya yang tidak kalah penting dalam membantu tujuan kegiatan ekonomi pada suatu negeri adalah adanya sangkut paut dengan rumah tangga masyarakat luar negeri. Meliputi semua orang atau kegiatan usaha yang berada di luar negeri. Dengan kehadiran mereka juga pertukaran kebutuhan ini terasa lebih banyak dan lebih lengkap.

Dalam kegiatannya, kita akan melakukan kegiatan ekspor untuk menjual produk negara kita kepada rumah tangga masyarakat luar negeri. Dari aktivitas ekspor itu, kita baik rumah tangga konsumsi, produksi dan bahkan pemerintah akan sama-sama mendapatkan keuntungan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Lain lagi dengan kegiatan impor, di mana kita membeli produk yang mereka produksi. Alasannya adalah karena di tempat kita tidak diproduksi. Atau produksinya sedang kurang, pemerintah atau rumah tangga lain yang masih di lingkungan dalam negeri sering melakukan impor untuk barang-barang atau jasa yang sifatnya masih terbatas di negara kita.

Misalnya ponsel yang sedang kita gunakan sekarang untuk membaca peran Pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi artikel ini. Karena di tempat kita tidak ada, maka pemerintah dan produsen mengimpornya dari luar negeri. Semua pasti mendapatkan keuntungan baik secara langsung dari penjualannya. Atau tidak langsung dari efek ponsel.

Nah, itulah bahasan peran Pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi semoga bisa mengedukasi.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top