Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Selasa, 09 Maret 2021

Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya



Pada bahasan tentang ilmu ekonomi dan permasalahannya ini kita akan membahasnya dengan bahasan paling awal seperti pengertian ekonomi, jenis-jenis ilmu ekonomi, kebutuhan hidup manusia, kondisi alan dan lain sebagainya sampai bertemu dengan permasalahan pada ekonomi itu sendiri.

Ilmu Ekonomi

Supaya lebih enak dihafal, kita singkat saja bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mendapatkan hasil yang maksimal dengan sumber daya yang minimal.

Dari pengertiannya Anda pasti sudah bisa melihat bahwa ada permasalahan di sana, misalnya saja bagaimana cara mengelola sumber daya yang sedikit, tetapi bisa menghasilkan uang yang banyak? Inilah yang dimaksud Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya.

Ilmu Ekonomi Makro, Ilmu Ekonomi Mikro dan Ekonomi Terapan

Perbedaan yang mencolok dari keduanya adalah terletak kepada ruang lingkupnya. Makro membahas ekonomi dengan cakupan yang sangat luas, skala nasional dan internasional.

Sedangkan mikro hanya membahas tentang sederet masalah ekonomi di sektor nasional ke bawah, seperti ekonomi di pedesaan, kampung dan lain sebagainya yang lebih kecil dari Makro.

Di sisi lain, ada ilmu ekonomi yang membahas hal teknis dan praktis untuk diterapkan pada kebijakan yang akan menangani masalah tertentu saja dalam dunia ekonomi.

Lebih singkat lagi, Ilmu ekonomi terapan berasal dari analisis dan teori praktis untuk yang menghasilkan kebijakan baru untuk menyelesaikan masalah ekonomi khusus.

Kebutuhan Manusia

Ilmu ekonomi dan permasalahannya akan membahas tentang kebutuhan manusia. Kita sebagai manusia pastinya tahu bahwa kebutuhan kita ini tidak terbatas.

tetapi sumber daya atau cara untuk memuaskan kebutuhannya sangat terbatas sekali. Kita tidak bisa mendapatkan semua apa yang kita mau karena memang ada keterbatasan yang dimiliki oleh alam.

Biar lebih jelas tentang keterbatasan ini, kita akan membagi kebutuhan manusia menjadi beberapa poin. Seperti melihat kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya, meliputi kebutuhan Primer, Sekunder dan tersier.

Primer adalah kebutuhan pokok yang kalau tidak bisa didapatkan kemungkinan kelangsungan hidup manusia akan terganggu. Sebut saja contohnya kebutuhan untuk makan dan minum.

Ilmu ekonomi dan permasalahannya pada kebutuhan manusia ini sering kita lihat jelas bahwa ada orang yang tidak bisa mendapatkan kebutuhan primer sekalipun, dan ini tugas kita mempelajari ilmu ini supaya bisa mengurangi hal tersebut. Minimal di lingkungan terdekat kita.

Selanjutnya, kebutuhan manusia yang dibagi berdasarkan waktunya. Berdasarkan kebutuhan ini, kebutuhan manusia dibagi lagi dengan kebutuhan yang harus terpenuhi langsung sekarang juga, atau bisa ditunggu sampai waktu di masa depan.

Pada kebutuhan manusia berdasarkan waktu akan membawa kita tentang bagaimana caranya mengefisienkan pengeluaran sekarang, supaya bisa mendapatkan lebih di masa depan.

Lain lagi dengan kebutuhan manusia berdasarkan sifatnya, yang dari sana kita bisa mengenal kebutuhan jasmani seperti makan, minum, olahraga, dan kebutuhan rohani seperti berkomunikasi, beribadah dan lain sebagainya.

Atau berdasarkan subjeknya yang dari sana kita bisa melihat kebutuhan kelompok atau individu.

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Selain dengan pengelompokan kebutuhan manusia berdasarkan intensitas, waktu, sifat dan objek. Kebutuhan manusia ini juga cenderung dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari luar diri manusia itu sendiri. Misalnya saja faktor kondisi alam

Orang Kutub utara mungkin lebih membutuhkan baju yang tebal, rumah yang hangat dan makanan yang bisa didapatkan dengan mudah dan akan membuat tubuh tetap hangat.

Berbeda dengan orang Indonesia yang bisa menggunakan berbagai macam baju, beraneka tempat tinggal dan bebas memilih masakan yang akan dimakan.

Faktor lain yang mempengaruhi kebutuhan manusia ini adalah faktor peradaban, faktor agama dan lain sebagainya. Inilah yang terjadi saat ini. Kajian tentang ilmu ekonomi dan permasalahannya seharusnya bisa menjadi jalan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak untuk semuanya

Sumber Daya

Ilmu ekonomi dan permasalahannya selanjutnya akan membahas tentang sumber daya. Setelah tadi kita membahas tentang kebutuhan manusia sebagai salah satu permasalahan yang ada pada ilmu ekonomi, selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana Sumber Daya juga bisa menjadi salah satu masalah yang cukup serius. Mengingat sudah dijelaskan di awal bahwa sumber daya ini sifatnya terbatas.

Sumber daya yang ada di dunia ini terbagi lagi menjadi beberapa sumber daya seperti sumber daya alam (SDA), dan sumber daya modal (SDM) yang masing-masing mempunyai peran penting dalam kegiatan ekonomi di belahan dunia manapun.

1. Sumber Daya Alam (SDA)

Air dari sungai, laut, danau atau gua. Batu yang berasal dari tanah, minyak yang berada di bagian bumi terbawah sehingga untuk mendapatkannya hanya bisa dilakukan dengan menggali menggunakan alat berat. Batu bara, timah, emas, dan lain sebagainya yang sudah Tuhan sediakan lewat alam.

Tersebar di seluruh dunia dari Eropa, Asia sampai Amerika. Ada yang sudah hampir habis karena eksplorasi besar-besaran, ada yang sama sekali belum diketahui keberadaannya. Itulah sumber daya alam dalam Ilmu ekonomi dan permasalahannya.

Dengan sumber daya alam, manusia bisa memenuhi kebutuhannya. Misal, minum dengan air, makan lewat buah-buahan alami. Atau nasi yang berasal dari padi.

2. Sumber Daya Modal

Lain lagi dengan sumber daya modal (SDM), sumber yang satu ini terbagi menjadi beberapa jenis dan fungsi. Misalnya saja sumber daya berdasarkan wujudnya, kita kenal dengan istilah uang. Ada sumber berdasarkan peralatan, kita mengenalnya dengan mesin, atau sumber daya berdasarkan sifat, subjek bentuk dan lain sebagainya. Yang masing-masing tentunya memiliki nilai ekonomi yang berbeda.

Dengan adanya sumber daya modal ini, kebutuhan manusia akan terbantu pemenuhannya. Uang bisa dijadikan alat tukar supaya bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak, sumber daya modal juga bisa digunakan untuk memaksimalkan sumber daya alam supaya bisa lebih bermanfaat bagi manusia.

Ilmu Ekonomi dan permasalahannya - Kelangkaan

Bisa dibilang, kelangkaan adalah sumber masalah dalam semua aspek ekonomi. Asal muasal kelangkaan adalah karena sumber daya yang terbatas, sementara kebutuhan manusia sama sekali tidak. Karena itulah terjadi ilmu ekonomi secara alami

Karena makanan di dunia ini terbatas jumlahnya, karena itulah seseorang akan melakukan barter atau usaha lebih untuk mendapatkannya. Karena air di beberapa daerah langka, perusahaan air minum sengaja membuat pabrik yang bisa memproduksi air kemasan untuk disalurkan ke daerah yang memiliki jumlah air yang tidak banyak. Bahkan mungkin tidak ada sama sekali.

Untuk mendapatkan sumber daya yang cukup untuk kebutuhan kita, dan mengatur bagaimana dan kapan kita melakukan pemenuhan kebutuhan kita, ada baiknya kita juga mengenal dengan istilah skala prioritas. Seperti ulasan berikut :

Skala Prioritas terbagi menjadi 4

- Penting dan mendesak – makan misalnya kalau tidak makan, tubuh jadi tidak bertenaga.

- Penting tapi kurang mendesak – mobil misalnya, penting buat dipakai jalan-jalan, tapi tidak ada juga tidak mengapa, tidak mendesak.

- Tidak Penting tapi mendesak – misalnya kebutuhan orang lain yang memaksakan.

Tidak penting dan kurang mendesak – orang merengek minta sesuatu padahal dia tidak membutuhkannya.

Bisa dibilang, skala ini sebagai acuan supaya kita bisa melakukan pemenuhan kebutuhan dengan sebenarnya. Itulah kajian kita tentang Ilmu ekonomi dan permasalahannya, semoga bisa bermanfaat

 


Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top