Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Kamis, 29 Juli 2021

Himpunan : Pengertian, Jenis, dan Operasi

Pengertian Himpunan

Himpunan adalah sekumpulan objek yang mempunyai syarat-syarat tertentu. Objek-objek yang membuat sebuah himpunan anggota, unsur atau elemen himpunan.  Objek-objek himpunan sangat beragam bisa berupa kelompok orang-orang tertentu, hewan-hewan tertentu,tumbuh-tumbuhan tertentu, angka-angka tertentu dan lain sebagainya.

Dalam penyajiannya, umumnya himpunan dilambangkan dengan huruf besar, seperti A, B, C, X, Y, Z. sedangkan anggota himpunan dilambangkan dengan huruf kecil, seperti a, b, c, x, y, z. Cara menuliskan himpunan terdapat 3 cara, yakni deskripsi, notasi pembentuk himpunan, dan mendaftar setiap anggota.

- Cara Deskripsi

Contoh, A adalah himpunan bilangan bulat lebih dari 2 dan kurang dari 7.

- Cara Notasi Pembentuk Himpunan

Notasi Himpunan



- Cara Mendaftar Setiap Anggota

Daftar Himpunan


Jenis Himpunan

- Himpunan Semesta/Universal

Himpunan semesta atau universal adalah himpunan yang memuat semua objek atau elemen yang menjadi perhatian. Himpunan semesta biasa dinotasikan dengan U atau S. Berdasarkan konsep himpunan semesta yang merupakan induk bagi semua himpunan, maka terdapat sebuah himpunan tertentu yang menjadi bagian himpunan semesta.

Contoh :

Himpunan Semesta




- Himpunan Kosong

Himpunan kosong adalah himpunan yang tidak mempunyai satu anggotapun, biasanya dilambangkan dengan notasi { } atau Ø.

- Himpunan Bagian

Himpunan bagian adalah himpunan yang semua anggotanya terdapat didalam himpunan lainnya. Himpunan bagian umumnya disimbilkan dengan “⸦” artinya himpunan bagian dari.

Himpunan Bagian


Maka B⸦A.

Operasi Himpunan

- Irisan (Intersection)

Irisan himpunan adalah himpunan yang terdiri dari anggota-anggota yang terlibat dalam operasi irisan tersebut. Contohnya irisan himpunan A dan himpunan B berarti bernaggotaan objek-objek yang dimiliki himpunan A dan himpunan B bersama. Irisan biasa dinotasikan “∩”.

Contoh :

Irisan



- Gabungan (Union)

Gabungan himpunan adalah himpunan yang terdiri dari semua anggota himpunan yang terlibat dalam operasi tersebut. Contohnya gabungan himpunan A dan himpunan B berarti beranggotakan objek-objek milik A atau B. Gabungan biasa dinotasikan “U”.

Contoh :

Gabungan




- Komplemen

Komplemen suatu himpunan adalah anggota yang tidak terdapat pada himpunan tersebut dan biasa dilambangkan dengan tanda petik (‘)

Contoh :

Komplemen




- Selisih 2 himpunan

Selisih himpunan A dan himpunan B adalah anggota yang ada di himpunan A tapi tidak ada di himpunan B.

Contoh :

Selisih


Diagram Venn

Diagram venn adalah diagram yang menunjukkan gambaran suatu himpunan atau gambaran himpunan dalam hubungannya dengan himpunan lain.

Irisan

A irisan B

Gabungan

A gabungan B

Komplemen

A Komplemen

Selisih

A selisih B

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top