Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Kamis, 26 Agustus 2021

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

 


Setiap negara atau sebuah wilayah yang menginginkan negaranya maju maka harus memperhatikan pembangunan ekonomi pada warganya. Perhatikan juga setiap indikator yang telah dan akan dilakukan. Jadi bahasan kali ini adalah indikator keberhasilan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara terjadi karena meningkatnya produk domestik bruto yang tanpa memperkirakan dampak penduduknya. Sedangkan pembangunan ekonomi menjadi sebuah proses multidimensional perubahan sosial yang semakin meningkat.

Sebuah negara bisa berkembang karena adanya pertumbuhan karena meningkatnya produk domestik bruto. Lalu apa itu perkembangan ekonomi?

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pengertian pembangunan ekonomi menurut para ahli adalah sebuah proses kenaikan per kapita secara terus-menerus untuk waktu yang panjang. Sementara pertumbuhan ekonomi hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat.

Sebenarnya pembangunan ekonomi suatu negara bukan menjadi indikator atau tidaknya negara. Melainkan pembangunan ekonomi bisa dilihat melalui sistem yang digunakan oleh pemerintah terhadap negaranya.

Berhasil atau tidak suatu negara dalam meningkatkan pembangunan ekonomi karena memenuhi indikator-indikator yang ada. Indikator apa saja yang harus dilakukan negara agar mengalami perkembangan ekonomi yang baik?

Indikator Pembangunan Ekonomi

Fungsi indikator perkembangan ekonomi ini tentang gejala, pola dan pengaruh yang terjadi, dan juga untuk menentukan hingga tingkat pencapaian sebuah negara. Kegiatannya meliputi mengukur, menganalisis dan mengevaluasi sebuah perencanaan pembangunan ekonomi sampai pelaksanaan supaya bisa menghasilkan kebijakan.

Setidaknya negara dalam melaksanakan indikator keberhasilan suatu pembangunan ekonomi bisa anda lihat pada kolom berikut ini :

Indikator Pembangunan Ekonomi Pertama Urbanisasi

Perpindahan penduduk dari desa ke kota adalah indikator utama dalam pembangunan ekonomi dengan alasan karena penduduk akan menjamin kesejahteraan dan kemakmuran di perkotaan.

Indikator Pembangunan Ekonomi dengan Pendapatan per kapita

Banyaknya jumlah pendapatan setiap orang di suatu negara yang cukup tinggi dapat meningkatkan perkembangan ekonomi. Hal ini disebabkan karena stabilitas perekonomian yang baik sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi terjamin.

Perusahaan membutuhkan tenaga kerja sehingga memperkerjakan masyarakat dan masyarakat mendapatkan gaji yang layak. Kita harus merata di suatu negara maka pendapatan perkapita dapat menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi.

Struktur Ekonomi

Secara otomatis jika struktur ekonomi suatu negara sangat baik maka perubahan kemajuan dan keberhasilan pembangunan ekonomi menjadi sangat baik.

Banyaknya Tabungan Negara

Banyaknya jumlah tabungan negara berarti negara memiliki simpanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan negaranya. Tabungan merupakan modal untuk perekonomian dan bisa membawa masyarakat menjadi semakin lebih maju.

Indikator Pembangunan Ekonomi dengan Indeks Kualitas Hidup

Kualitas hidup seseorang dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu angka rata-rata harapan hidup, angka kematian bayi dan angka melek huruf.

Angka rata-rata harapan hidup berarti keadaan pembangunan ekonomi baik dan meningkat contohnya kebutuhan makanan tercukupi. Artinya masyarakat bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa kekurangan makan.

Angka kematian bayi yang menurun berarti terpenuhinya gizi nutrisi dan pelayanan kesehatan yang memadai.

Sedangkan angka melek huruf bisa dibuktikan dengan an-nur berikan kemudahan melakukan komunikasi setiap individu dan kelompok.

Pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu faktor utama dalam menentukan indikator pembangunan ekonomi. Semakin baik pendidikan masyarakat dalam suatu negara dan semakin merata artinya pembangunan ekonominya bagus.

Kesehatan

Dengan kesehatan sangat mempengaruhi pembangunan ekonomi. Artinya pelayanan masyarakat tercukupi dan terfasilitasi kesehatan dan bisa memaksimalkan angka harapan hidup yang tinggi.

Tempat Tinggal

Tempat tinggal yang terbaik iritasi seperti air, listrik sama sarana sanitasi dan kualitas tempat tinggal yang layak juga menjadi faktor utama dalam menentukan indikator perkembangan ekonomi negara.

Kriminalitas Rendah

Tingkat kriminalitas yang minimum suatu negara menunjukkan kesejahteraan ekonomi yang tinggi. Artinya kebutuhan ekonomi dan dan kasus berita negatif bukan menjadi masalah.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top