Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Senin, 23 Agustus 2021

Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Karakteristik, dan Tujuan

Sistem


Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen tersusun atas 3 kata, yakni sistem, informasi, dan manajemen. Untuk mengetahui definisi dari sistem informasi manajemen, kita perlu menjabarkan terlebih dahulu ketiga kata tersebut.

- Sistem

Sistem adalah kumpulan komponen atau sub komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh dari sistem adalah sistem pencernaan, didalamnya terdapat komponen seperti mulut, lambung, usus, sampai anus yang saling berkaitan, dan tujuan dari sistem pencernaan adalah mengolah makanan dan menyerapnya menjadi energi bagi tubuh.

- Informasi

Informasi adalah data yang sudah diolah dan ditampilkan dalam bentuk yang sederhana. Sedangkan data adalah kumpulan dari fakta. Agar dapat lebih mudah dipahami contoh data seperti seluruh mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis, data tersebut kemudian diolah menjadi informasi berdasarkan kelompok kelas.

- Manajemen

Manajemen adalah seni mengatur atau mengolah sumber daya yang didalamnya meliputi Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling guna mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan efisien.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa definisi dari Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan proses memasukkan, mengolah, dan menambilkan data dalam bentuk informasi sederhana yang berguna untuk pengambilan keputusan. Pengambil keputusan dalam hal ini adalah pihak Top Manajer.

Karakteristik Sistem Informasi Manajemen

- Komponen (component)

Pembentuk sistem adalah komponen-komponen yang saling berinteraksi. Tanpa adanya komponen dan interaksi sistem tidak akan terjadi.

- Lingkungan Luar Sistem (environment)

Lingkungan luar sistem adalah segala sesuatu diluar batas yang dapat memperngaruhi sistem.

- Batasan (boundary)

Batas sistem menunjukkan ruang lingkup dari sistem tersebut.

- Jalinan/Penghubung (interface)

Jalinan merupakan media perantara antara sub sistem satu dengan yang lainnya.

- Masukan (input)

Masukan adalah segala sesuatu yang dimasukkan ke dalam sistem.

- Keluaran (output)

Keluaran adalah hasil dari pengolahan masukan tadi. Keluaran dapat menjadi masukan bagi sub sistem lainnya.

- Sasaran (goal)

Akhir yang diharapkan dari sistem adalah sasaran. Tanpa adanya sasaran, maka segala operasi yang terjadi dalam sistem tidak ada gunanya.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Tujuan utama dari sistem informasi manajemen adalah menyediakan berbagai informasi untuk membantu pihak manajemen dalam pengambilan keputusan. Sistem informasi manajemen berfungsi untuk mengolah data-data menjadi dalam penginformasian yang digunakan oleh pihak manajemen.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top