Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Minggu, 27 Februari 2022

Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Lembaga Sosial

 


Pengertian Lembaga Sosial

Manusia sebagai makhluk sosial dalam menjalani kehidupan tentu perlu adanya interaksi dengan orang lain. Manusia tidak dapat menjalani hidupnya sendiri. Guna mendukung lancarnya interaksi antar individu dibentuklah lembaga sosial atau lembaga kemasyarakatan.  Lembaga sosial adalah suatu sistem yang mengatur rangkaian seperangkat norma dalam menjalani kehidupan dengan tujuan mendapat ketentraman hidup bermasyarakat.

Berikut pendapat para ahli terkait Lembaga Sosial :

1. Leopold Von Weise dan Becker

Lembaga sosial adalah jaringan proses hubungan antar manusia dan antar kelompok yang berfungsi memelihara hubungan itu beserta pola-polanya yang sesuai dengan minat kepentingan individu dan kelompoknya.

2. Soerjono Soekanto

Lembaga kemasyarakatan adalah himpunan dari norma-norma dari segala tindakan yang berkisar pada suatu pokok di dalam kehidupan masyarakat.

3. Koentjadiningrat

Lembaga sosial adalah suatu sistem norma khusus yang menata suatu rangkaian tindakan berpola mantap guna memenuhi suatu kebutuhan dan keperluan khusus dari manusia dalam kehidupan masyarakat.

4. Alvin L. Bertrand

Lembaga sosial adalah kumpulan dari norma-norma sosial yang telah diciptakan untuk dapat melaksanakan fungsi masyarakat.

5. Peter L. Berger

Lembaga sosial adalah suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

Dari berbagai definisi para ahli tersebut, bisa disimpulkan lembaga sosial adalah seperangkat norma atau kaidah yang tersusun secara sistematis dengan tujuan mengatur individu dan kelompok dalam rangka mewujudkan kebutuhan dan keteraturan masyarakat.

Fungsi dan Tujuan Lembaga Sosial

Secara umum fungsi lembaga sosial adalah untuk mengatur pergaulan hidup agar mencapai ketertiban. Sedangkan tujuan umum beridirinya lembaga sosial adalah untuk mengatur kebutuhan hidup manusia terpenuhi secara memadai, sekaligus mengatur kehidupan sosial masyarakat agar berjalan lancar dan tertib sesuai norma-norma yang berlaku. Fungsi lain dari lembaga sosial antara lain :

a. Memberikan pedoman bertingkah laku atau bersikap pada anggota masyarakat

b. Menjaga keutuhan dari masyarakat yang bersangkutan

c. Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial

Macam-Macam Lembaga Sosial

a. Lembaga Keluarga

Keluarga adalah lembaga terkecil di masyarakat. Keluarga dapat terbentuk karena adanya jalinan perkawinan dan hubungan darah. Lembaga keluarga memiliki beberapa fungsi seperti fungsi reproduksi, ekonomi, proteksi, sosialisasi, afeksi (kasih sayang), pengawasan sosial, dan pemberian status.

b. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan adalah lembaga yang memiliki peran untuk memberikan pengetahuan dan pendidikan di masyarakat. Lembaga pendidikan penting dalam masyarakat karena bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan merubah perilaku menjadi lebih baik. Beberapa fungsi yang dimiliki oleh lembaga pendidikan yaitu sarana pengembangan dan pelestarian kebudayaan masyarakat, sebagai tempat pengembangan bakat dan tempat mengembangkan cara berpikir rasional.

c. Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi adalah lembaga sosial yang didirikan untuk mengatur kegiatan ekonomi di masyarakat. Tujuan utama ini adalah menjaga ekonomi masyarakat agar kebutuhan dapat terpenuhi secara berkelanjutan. Beberapa fungsi lembaga ekonomi yaitu pedoman pertukaran barang, ketenagakerjaan, cara mendapatkan barang atau bahan baku, dan harga jual barang di pasar.

d. Lembaga Kebudayaan

Lembaga kebudayaan adalah lembaga sosial yang berperan menjaga dan melestarikan kebudayaan, seni, dan warisan yang dimiliki oleh masyarakat.

e. Lembaga Keagamaan

Lembaga keagamaan adalah lembaga yang mengatur sistem keyakinan dan praktik keagamaan dalam masyarakat. Fungsi lembaga keagamaan adalah sarana pembantu dalam kegiatan keagamaan dan menjaga kerukunan antar umat beragama.

f. Lembaga Politik

Lembaga politik adalah lembaga yang berperan dalam menunjang keberlangsungan proses pembentukan, pembagian kekuasaan dalam masyarakat sebagai proses pengambilan keputusan.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top