Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Senin, 21 Februari 2022

Pengertian, Bentuk, dan Ukuran Mobilitas Sosial

 


Pengertian Mobilitas Sosial

Mobilitas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti kesiapsiagaan untuk bergerak; gerakan berpindah-pindah; gerakan perubahan yang terjadi diantara warga masyarakat baik secara fisik maupun sosial. Sedangkan kata ‘sosial’ dalam frasa mobilitas sosial bisa diartikan kelompok sosial individu atau perkumpulan individu.

Jadi secara sederhana mobilitas sosial bisa diartikan perubahan status sosial dari suatu kelas sosial ke kelas sosial yang lain baik secara perorangan maupun kelompok. Mengutip dari berbagai pendapat para ahli, pengertian Mobilitas Sosial dapat diartikan antara lain ;

1. William Kornblum, Mobilitas Sosial adalah perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga, dan kelompok sosialnya dari satu lapisan ke lapisan sosial lainnya.

2. Soerjana Soekanto, Mobilitas Sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial yaitu pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.

3. Paul B. Horton, Mobilitas Sosial adalah suatu gerakan perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerakan pindah dari strata yang satu ke strata yang lainnya.

4. Anthony Giddens, Mobilitas Sosial adalah gerakan dari orang per orang dan kelompok-kelompok diantara kedudukan sosial ekonomi yang berbeda.

5. Michael S. Basis, Mobilitas Sosial adalah perpindahan keatas atau ke bawah lingkungan sosio-ekonomi yang mengubah status sosial seseorang dalam masyarakat.

Dari berbagai pengertian diatas dapat diambil hal pokok menyangkut mobilitas sosial yakni, perubahan kelas sosial baik ke atas maupun ke bawah dan dialami secara indivdu ataupun kelompok.

Bentuk Mobilitas Sosial

a. Mobilitas  Sosial Vertikal

Mobilitas sosial vertikal adalah peralihan individu atau kelompok dari suatu kelas sosial yang diikuti terjadinya perubahan status sosial individu atau kelompok yang mengalaminya. Mobilitas sosial vertikal dapat terjadi bila status sosial menjadi lebih tingi atau lebih rendah dari status sosial sebelumnya.

- Social Climbing (Moblitias Sosial Keatas)

Perpindahan status sosial ke lapisan yang lebih tinggi daripada lapisan sebelumnya. Contohnya kenaikan jabatan dari staff menjadi manajer.

- Social Sinking (Mobilitas Sosial Kebawah)

Social Sinking adalah kebalikan dari Social Climbing, dalam mobilitas ini terjadi perpindahan status sosial ke lapisan yang lebih rendah daripada lapisan sebelumnya. Contohnya pegawai yang diturunkan pangkatnya karena kinerjanya yang memburuk.

b. Mobilitas Sosial Horizontal

Mobilitas sosial horizontal adalah peralihan individu atau kelompok dalam lapisan sosial yang sama atau dari kelas sosial ke kelas sosial lainnya yang sederajat. Contohnya mutasi, namun dalam jabatan yang sama. Mobilitas sosial horizontal mengacu pada perpindahan geografis atau juga peralihan individu dari suatu kelmpok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat.

Ukuran dalam Menentukan Kelas Sosial

Terdapat beberapa hal yang dijadikan sebagai ukuran atau patokan dalam menentukan suatu kelas seseorang atau kelompok dalam masyarakat, yaitu :

a. Pekerjaan/Profesi

Pekerjaan merupakan alat ukur kelas sosial yang saling terkait dengan alat ukur lainnya. Suatu pekerjaan dapat menggambarkan penghasilan, tingkat kekayaan, dan tingkat pendidikan (meski tidak selalu). Umumnya orang yang berpendidikan tinggi memiliki pekerjaan dengan penghasilan tinggi pula. Sehingga pekerjaan yang dilakukan secara tidak langsung menunjukkan status dan kelas sosialnya.

b. Kekayaan dan Penghasilan

Umumnya orang yang memiliki kekayaan dalam jumlah besar akan berada dalam posisi yang tinggi dalam penggolongan masyarakat. Penghasilan dan kekayaan memiliki keterkaitan yang erat, orang dengan penghasilan tinggi pasti memiliki kekayaan yang banyak. Dalam kelas sosial, semakin tinggi penghasilan akan mempermudah melakukan mobilitas ke kelas sosial yang lebih tinggi.

c. Pendidikan

Pendidikan dipandang sebagai jalan untuk mencapai kedudukan yang lebih baik dalam masyarakat. Makin tinggi pendidikan makin besar kesempatan untuk meningkatkan kelas sosial.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top