Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Minggu, 06 Maret 2022

Pengertian, Konsep, dan Tujuan Penetapan Harga

 


Pengertian Harga

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) harga adalah nilai barang yang ditentukan atau dirupakan dengan uang; jumlah uang atau alat tukar lain yang senilai yang harus dibayarkan untuk produk atau jasa, pada waktu tertentu dan di pasar tertentu. Harga berperan sebagai faktor penentu pembeli dalam memilih barang atau jasa. Umumnya apabila harga terlalu tinggi maka konsumen memilih untuk tidak membelinya karena tidak dapat terjangkau. Namun apabila harga terlalu rendah maka profitabilitas yang didapat penjual akan rendah bahkan merugi, karena itu penetapan harga tak boleh terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Berikut beberapa pendapat para ahli terkait harga :

1. Philip Kotler

Harga adalah sejumlah uang yang ditukarkan konsumen dengan manfaat dari memiliki atau menggunakan produk dan jasa.

2. Basu Swastha

Harga adalah jumlah uang yang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.

3. Willian J. Stanton

Harga adalah jumlah uang (kemungkinan ditambah beberapa barang) yang dibutuhkan untuk memperoleh beberapa kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya.

4. Jerome Mc Carthy

Harga adalah apa yang dibebankan untuk sesuatu.

5. Andi

Harga menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi pilihan seseorang pembeli. Harga cukup berperan dalam menentukan pembelian konsumen, untuk itu sebelum menetapkan suatu harga, sebaliknya perusahaan melihat beberapa referensi harga suatu produk yang dinilai cukup tinggi dalam penjualan.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa harga adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh konsumen dengan harapan mendapatkan manfaat dari barang atau jasa tersebut.

Konsep Harga

Dalam teori ekonomi, harga, utility dan value (nilai) memiliki konsep yang saling berkaitan dengen penetapan harga. Yang dimaksud utility dan value adalah :

1. Utility

Suatu atribut yang melekat pada suatu barang, yang membuat barang tersebut memenuhi kebutahan, keinginan, dan kepuasan konsumen.

2. Value (Nilai)

Nilai suatu produk untuk ditukar dengan produk lain. Nilai ini dapat diketahui dalam keadaan barter (pertukaran barang). Namun karena sistem barter ini sudah tidak digunakan lagi, perekonomian menggunakan uang sebagai satuan harga. Niali suatu produk dapat dinyatakan dengan uang.

Tujuan Penetapan Harga

  • Berorientasi pada laba yaitu bahwa setiap perusahaan selalu memilih harga yang dapat menghasilkan laba yang paling tinggi.
  • Berorientasi pada volume yaitu penetapan harga berorientasi pada volume tertentu.
  • Berorientasi pada citra (image) yaitu bahwa image perusahaan dapat dibentuk melalui harga.
  • Stabilisasi harga yaitu penetapan harga yang bertujuan untuk mempertahankan hubungan yang stabil antara harga perusahaan dengan harga pemimpin pasar (market leader).
  • Tujuan lainnya yaitu menetapkan pasar dengan tujuan mencegah masuknya pesaing, mempertahankan loyalitas konsumen, mendukung penjualan ulang atau menghindari campur tangan pemerintah.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top