Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Rabu, 02 Maret 2022

Motif dan Prinsip Ekonomi



Motif Ekonomi

Pengertian Motif Ekonomi

Motif adalah dorongan dari dalam diri manusia untuk melakukan atau mendapatkan sesuatu. Alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi. Secara umum motif ekonomi merupakan faktor penggerak yang bertujuan mencapai kemakmuran dan sebagai upaya untuk mencapatkan barang dan jasa. Contoh motif ekonomi adalah disiang hari yang panas anda ingin membeli es buah untuk menghilangkan dahaga.

Adapun beberapa pendapat para ahli terkait motif ekonomi antara lain :

1.  Schiffman dan Kanuk

Motif ekonomi adalah kekuatan penggerak antara individu-individu yang mendorong mereka untuk dapat bertindak. Kekuatan tersebut disebabkan adanya ketegangan yang timbul karena kebutuhan tidak terpenuhi.

2. M. Manullang

Mendefenisikan motif ekonomi sebagai suatu aktivitas masyarakat dalam berupaya untuk mencapai kemakmuran, dimana manusia bisa memenuhi kebutuhannya baik yang berupa barang maupun jasa.

3. Robbins

Menyatakan motif ekonomi sebagai proses seseorang untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan sesuai dengan kemampuan mereka.

Tujuan Motif Ekonomi

Tujuan utama dari motif ekonomi adalah demi memenuhi kebutuhan sepanjang hidupnya guna mencapai kemakmuran. Kemakmuran akan tercapai apabila tiap kebutuhan terpenuhi baik itu kebutuhan yang sifatnya primer, sekunder, ataupun tersier. Adapun tujuan lain dari motif ekonomi adalah :

  • Memperoleh posisi atau kedudukan di masyarakat
  • Mendapatkan apresiasi atau penghargaan dari masyarakat
  • Mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya
  • Menolong demi kebaikan sesama

Macam-Macam Motif Ekonomi

1. Motif Ekonomi Individu

a. Motif Mencapai Kemakmuran (Memenuhi Kebutuhan Hidup)

Motif mencapai kemakmuran merupakan dorongan individu untuk memenuhi kebutuhan hidup baik yang berupa barang ataupun jasa guna mencapai kemakmuran. Pemenuhan kebutuhan dapat menjadi suatu masalah karena keinginan manusia yang tak terbatas, sedangkan alat pemuasnya terbatas.

b. Motif Mendapatkan Penghargaan

Penghargaan yang dimaksud disini bisa berupa pujian atau pengakuan dalam bentuk lisensi, medali, sertifikat atau bentuk lainnya. Penghargaan juga bisa berupa status sosial yang lebih tinggi dari orang-orang disekitarnya. Contohnya orang akan terlihat kaya dengan mengendarai mobil mewah, dan nantinya akan dipandang oleh orang-orang sekitar.

c. Motif Mendapatkan Kekuasaan Ekonomi

Ketika seseorang (pelaku bisnis) telah mencapai kemakmuran dalam bisnis dan hidupnya biasanya akan memperluar pasar yang dimiilikinya. Motif pelaku bisnis ini didasari dorongan untuk mencapai kekuasaan ekonomi yang lebih besar.

d. Motif Sosial (Membantu Sesama)

Seseorang kadang bertindak tidak didorong untuk diri mereka sendiri, tetapi ada pula yang berorientasi pada kepentingan sosial dengan membantu sesame.

2. Motif Ekonomi Perusahaan

a. Motif Produksi Barang

Sebuah perusahaan tentunya menginginkan produksi barang dengan harga murah namun memiliki kualitas tinggi. Hal tersebut bertujuan memenangkan persaingan dalam pasar dan menambah keuntungan.

b. Motif Mencari Keuntungan

Tujuan utama perusahaan didirikan adalah untuk mencari keuntungan. Dengan adanya keuntungan maka perusahaan dapat melanjutkan aktivitasnya. Atau sederhananya keuntungan inilah yang menjadi roda penggerak tindakan ekonomi di dalam perusahaan.

c. Motif Menjaga Kontiunitas Perusahaan

Setiap perusahaan yang berdiri tentunya ingin dalam rentang waktu yang lama. Karena itulah perusahaan harus selalu berusaha mendapatkan keuntungan secara berkelanjutan sehingga aktivitas perusahaan dapat terus beroperasi

Prinsip Ekonomi

Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi adalah tindakan yang dilakukan guna mendapatkan hasil yang maksimal dengan pengorbanan biaya tertentu. Sederhananya prinsip ekonomi merupakan usaha untuk mendapatkan manfaat maksimal. Prinsip ekonomi ditujukan untuk mencapai perbandingan rasional antara pengorbanan yang dilakukan dengan hasil yang didapatkan. Prinsip ekonomi sangat penting untuk memperkecil resiko dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki.

Ciri-Ciri Prinsip Ekonomi

  • Selalu bertindak hemat
  • Mengutamakan kebutuhan yang paling penting dan mendesak
  • Melakukan tindakan ekonomi sesuai dengan persiapan yang matang
  • Mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dalam setiap tindakan yang dilakukan

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top