Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Sabtu, 16 April 2022

Metode Penilaian Investasi

Dalam melakukan sebuah investasi, seorang investor perlu melakukan sebuah analisis terlebih dahulu, apakah investasi tersebut layak diambil atau tidak. Bentuk analisis untuk menilai kelayakan investasi disebut metode penilaian investasi. Metode penilaian investasi memerlukan beberapa teknik pembiayaan seperti investasi awal, arus kas, serta tingkat bunga. Metode penilaian investasi sangat fundamental bagi investor, karena dapat membantu mengidentifikasi tren investasi jangka panjang dan perkiraan keuntungan di masa mendatang.


Metode Penilaian Investasi

1.  Payback Period (PP)

Payback period adalah jangka waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan investasi awal melalui penerimaan kas yang dihasilkan dari investasi tersebut. Sederhananya metode ini mengukur seberapa lama kembalinya dana investasi. Semakin cepat pengembalian investasi maka investasi tersebut dinilai layak. Sebaliknya apabila pengembalian investasi membutuhkan waktu yang lama, investasi dinilai tidak layak. Metode ini tergolong mudah digunakan karena analisisnya yang sederhana. Namun penghitungan payback period hanya menunjukkan waktu untuk pengembalian investasi, tetapi tidak menunjukkan besaran laba secara spesifik.

Adapun rumus untuk menentukan besarnya payback periode adalah :

- Jika arus kas per tahunnya (periode) nilainya tetap :

rumus PP kas tetap

- Jika arus kas per tahunya nilainya berbeda :

rumus PP kas berbeda

Keterangan :

PP       : payback period

n          : tahun terakhir dimana arus kas masih belum bisa menutupi investasi awal

a          : jumlah investasi awal

b          : jumlah kumulatif arus kas pada tahun ke n

c          : jumlah kumulatif arus kas pada tahun ke n+1

2. Net Present Value (NPV)

Net Present Value adalah metode penghitungan selisih nilai investasi saat ini (present value) dari arus kas yang masuk dengan nilai arus kas keluar di masa mendatang. Dalam metode ini apabila nilai NPV positif investasi layak untuk diambil. Sedangkan apabila nilai NPV negatif maka investasi tidak layak diambil. Nilai NPV positif berarti selisih nilai investasi lebih besar dari arus kas keluar, sehingga pendapatan lebih besar daripada nilai yang diinvestasikan. NPV berkaitan dengan time value of money (nilai mata uang) karena terdapat selisih uang pada periode waktu yang berbeda-beda.

Metode ini memiliki kelebihan, investasi dapat menghitung nilai arus kas masuk dan tidak mengabaikan aliran kas selama investasi berlangsung. Namun kelemahannya adalah investasi harus memperkirakan berapa biaya model perusahaan di masa depan.

Adapun rumus menentukan NPV adalah :

rumus NPV

Keterangan :

CF       : arus kas

i           : tingkat diskonto atau return yang diharapkan

n          : umur projek investasi

OI       : investasi awal

3. Profitabilitas Indeks (PI)

Profitabilitas indeks adalah penghitungan penilaian investasi dengan membandingkan nilai arus kas masa datang dengan nilai investasi masa sekarang. Investasi diterima jika nilai PI kurang dari 1 maka investasi akan diambil. Rumus dalam menghitung PI adalah :

rumus PI

Keterangan :

PV       : present value

OI       : investasi awal

4. Internal Rate of Return (IRR)

Internal rate of return adalah metode penilaian investasi dengan memperhitungkan tingkat suku bunga yang menyamakan present value investasi saat ini dengan present value dari penerimaan aris kas masa mendatang. Metode penilaian IRR dapat menunjukkan return yang sebenarnya.

Besarnya nilai sekarang dihitung dengan pendekatan :

rumus IRR

5. Average Rate of Return (ARR)

Average rate of return merupakan penilaian investasi dengan mengukur besarnya laba bersih rata-rata tahunan dari sebuah investasi. Penghitungan ARR dilakukan dengan membandingkan nilai laba bersih setelah pajak dan rata-rata investasi. Semakin besar nilai ARR investasi dinilai semakin layak.

Rumus penilaian ARR dapat dituliskan dengan :

rumus ARR

Keterangan :

NI       : laba bersih setelah pajak rata-rata tahunan

OI       : investasi awal

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top