Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Rabu, 29 Juni 2022

Pengertian, Pentingnya Pengendalian, dan Tujuan Pengendalian Persediaan

Ilustrasi Persediaan


Pengertian Persediaan

Persediaan merupakan hal yang penting bagi perusahaan, baik itu perusahaan yang bersifat jasa, dagang bahkan manufaktur.  Perusahaan jasa biasanya memiliki persediaan dalam bentuk bahan pembantu atau persediaan yang habis pakai, seperti persediaan kertas dalam jasa percetakan, persediaan sabun dalam usaha laundry dan lain sebagainya. Dalam perusahaan dagang sendiri persediaan utama yang dimiliki adalah persediaan barang dagang. Sedangkan perusahaan manufaktur umumnya terdiri atas persediaan bahan baku (raw material), persediaan bahan setengah jadi (work in procces), dan persediaan barang jadi (finished good). Dengan tersedianya persediaan, diharapkan perusahaan dapat melakukan aktivitasnya sesuai dengan jenisnya.

Persediaan (Inventory) adalah istilah yang menunjukkan segala sesuatu atau sumber daya organisasi yang disimpan dalam rangka mengantisipasi pemenuhan permintaan. Persediaan merupakan stok bahan/barang guna memenuhi kebutuhan produksi atau kebutuhan konsumen. Berikut beberapa pengertian persediaan menurut para ahli :

  1. Assauri menyatakan persediaan sebagai aktiva yang meliputi barang-barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam periode usaha yang normal atau persediaan barang-barang yang masih dalam pengerjaan atau proses produksi ataupun persediaan bahan baku yang menunggu penggunaannya dalam proses produksi.
  2. Sumayang menyatakan inventori adalah sebuah persediaan dari material yang digunakan untuk menunjang produksi atau memenuhi permintaan pelanggan.
  3. Handoko berpendapat bahwa persediaan adalah suatu istilah umum yang menunjukkan segala sesuatu atau sumber daya-sumber daya organisasi yang disimpan dalam antisipasinya terhadap pemenuhan permintaan.

Dari beberapa pendapat ahli diatas bisa disimpulkan bahwa persediaan adalah sumber daya perusahaan yang disimpan dalam rangka guna menjaga kelancaran proses produksi atau pemenuhan kebutuhan permintaan pelanggan.

Pentingnya Pengendalian Persediaan

Pengendalian persediaan dapat diartikan serangkaian kebijakan pengendalian untuk menentukan tingkat persediaan yang harus dijaga, kapan harus diadakan penambahan persediaan, dan berapa besar persediaan yang diadakan. Persediaan perlu ditentukan secara tepat agar tidak merugikan perusahaan. Apabila persediaan terlalu besar maka akan muncul biaya berlebihan dalam hal penyimpanan, sedangkan persediaan terlalu kecil maka akan ada resiko kekurangan stok.

Beberapa alasan diperlukan persediaan dalam perusahaan adalah :

- Menghilangkan pengaruh ketidakpastian

Perusahaan dalam proses bisnisnya sering mengalami ketidakpastian, seperti ketidakpastian waktu pemesanan, pasokan dari supplier, hingga ketidakpastian permintaan konsumen. Karena itu perlu pengendalian persediaan (safety stock) agar mengatasi/mengurangi resiko-resiko ketidakpastian tersebut.

- Memberi waktu luang untuk pengelolaan produksi dan pembelian

Ini biasanya digunakan pada perusahaan yang bersifat manufaktur. Pengelolaan produksi dan pembelian pastinya memerlukan waktu agar barang selesai ataupun sampai. Dengan adanya persediaan proses produksi dan pembeluan dapat dihentikan dan dilaksanakan dengan pasti bila diketahui persediaan hampr habis.

- Untuk mengantisipasi perubahan pada permintaan dan penawaran

Persediaan disiapkan untuk menghadapi perubahan permintaan dan penawaran. Perubahan ini dapat mempengaruhi perubahan harga, contohnya apabila perusahaan mengalami kekurangan permintaan produk, maka produk akan kelebihan. Kelebihan produk ini akan disimpan sebagai persediaan.

- Untuk memanfaatkan diskon

Kadangkala pembelian bahan baku dalam jumlah tertentu akan mendapatkan potongan diskon pembelian. Maka kelebihan bahan baku tersebut untuk memanfaatkan diskon dapat disimpan dalam persediaan kelebihannya.

Tujuan Pengendalian Persediaan

Secara umum tujuan dari pengendalian persediaan adalah untuk mendapatkan kualitas yang tepat dari persediaan sehingga kebutuhan persediaan dapat dipenuhi dengan biaya optimal. Selain itu pengendalian persediaan bahan baku (dalam perusahaan manufaktur) diperlukan agar proses produksi dapat berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kekosongan persediaan dan dengan biaya minimal.

Apabila diperinci lagi pengendalian persediaan memiliki tujuan :

  • Menjaga agar perusahaan tidak sampai persediaan habis untuk mengatasi terhentinya kegiatan produksi karena kehabisan stok bahan baku.
  • Menjaga supaya pembentukan persediaan oleh perusahaan tidak terlalu besar atau berlebihan, sehingga biaya-biaya yang timbul dari persediaan tidak terlalu besar.
  • Menjaga agar pembelian persediaan secara kecil-kecilan dapat dihindari karena berakibat biaya pemesanan yang menjadi besar.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top