Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Selasa, 26 Juli 2022

Pengertian, Konsep, dan Karakteristik Kewirausahaan

A. Pengertian Kewirausahaan

Secara harfiah, wira artinya utama, gagah, luhur, berani, teladan atau pejuang. Sedangkan usahana adalah kegiatan yang dilakukan terus menerus dalam mengelola sumber daya yang ada untuk menghasilkan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Jadi secera sederhana wirasuaha seseorang yang melakukan membuat suatu produk, dan merencanakan segala sesuatu didalamnya untuk mendapatkan keuntungan/

Istilah kewirausahaan merupakan padanan kata dari bahasa inggris yakni entrepreneurship. Kata entrepreneurship sendiri berasal dari bahasa prancis, enterprende yang berarti petualang, pencipta, dan pengelola usaha. Kewirausahaan atau kewiraswastaan adalah kemampuan seseorang untuk berani mengambil resiko dengan menginvestasikan dan mengorbankan waktu, uang, dan usaha untuk membangun suatu usaha dan menjadikannya berhasil. Melalui upaya yang dijalankan, seorang wirausahawan merencanakan dan mengharapkan keuntungan disamping kepuasan.

Kewirausahaan bukanlah hal mudah, karena banyak tantangan. Tidak semua orang bisa memiliki sifat kewirausahaan. Wirausahawan adalah sosok multitalenta yang memahami banyak hal, karena pastinya usaha yang dibangunnya akan berhadapan dengan berbagai macam masalah. Apalagi kewirausahaan adalah kegiatan yang sifatnya dinamis. Apa yang direncanakan belum tentu sesuai dengan yang diharapkan. Orang yang berhasil menjalankan wirausaha harus siap dengan berbagai perubahan yang akan dialaminya.

Beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli:

Menurut Siswanto Sudomo, kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat bekerja keras dan berkorban, memusatkan segala daya serta berani mengambil resiko untuk mewujudkan gagasannya.

Menurut Soeharto Prawiro, kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai dan mengembangkan usaha.

Menurut Zimmerer, kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan.

Menurut A. Pekerti, kewirausahaan adalah kemampuan seseorang dalam mendirikan, mengatur, mengembangkan dan melembagakan perusahaan yang dimilikinya.

Menurut Intruksi Presiden Nomor 4 Tahun 1995, Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

B. Konsep Kewirausahaan

1. Agility/Kelincahan

Dari segi fisik kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk mengubah arah/gerakan dengan cepat dan tepat pada waktu ia bergerak tanpa kehilangan keseimbangan. Sedangkan ditinjau dari kewirausahaan, kelincahan adalah kecepatan dan kemampuan belajar dan beradaptasi pada hal baru.

2. Endurance (Daya Tahan)

Endurance adalah kemampuan ketahanan terhadap kelelahan dan cepat pulih kembali dari kelelahan. Dalam hal ini, endurance berkaitan dengan ketahanan terhadap tekanan pada kapasitas melakukan tugas menerus. Daya tahan sebuah bisnis biasanya didukung oleh produksi dan penjualan yang tetap lancar.

3. Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan dalam melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu yang singkat. Wirausahawan harus memiliki kecepatan dalam hal inovasi untuk maju menjawab tantangan pasar dan mampu melebihi pesaingnya.

4. Fleksibilitas

Fleksibilitas adalah kemampuan untuk menyesuaikan kehidupan dimanapun tempatnya. Seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Dimanapun tempat dan kondisinya, harus bisa memaksimalkan potensi yang ada untuk melakukan proses usaha.

5. Strength (kekuatan)

Kekuatan merupakan salah satu unsur fisik yang sangat penting dalam merespon kewirausahaan, karena membantu meningkatkan komponen kecepatan, kelincahan dan ketetapatan. Selain kekuatan fisik, seorang pelaku wirausaha juga memerlukan kekuatan mental.

C. Karakteristik Kewirausahaan

1. Desire of Responsibility, yakni memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya. Seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab akan selalu self aware atau mawas diri.

2. Preference for Moderate Risk, yaitu lebih memiliki resiko yang moderat, atau resiko yang sedang, tidak terlalu tinggi atau rendah.

3. Convidence in their ability to success, yaitu percaya akan kemampuan diri untuk berhasil.

4. Desire for immediate feedback, yaitu keinginan untuk segera mendapatkan umpan balik.

5. High level of energy, yaitu memiliki energi semangat yang tinggi dan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita demi masa depan yang baik.

6. Future orientation, yaitu berorientasi pada masa depan, perspektif dan berwawasan jauh kedepan.

7. Skill at organizing, yaitu memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah.

8. Value of Achievement over money, yaitu selalu menilai prestasi dengan nilai uang.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top