Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Sabtu, 09 Juli 2022

Ruang Lingkup Bisnis : Pengertian dan Tujuan Bisnis



Pengertian Bisnis

Secara sederhana bisnis merupakan aktivitas atau pekerjaan yang dapat memberikan laba atau keuntungan bagi seseorang. Secara historis kata “bisnis” diambil dari bahasa inggris “bussines” yang berarti sibuk.  Dalam hal ini sibuk memiliki arti mengerjakan aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan.

Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang menciptakan atau menambah nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui proses jual beli. Aktivitas bisnis dapat dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok, yang didalamnya meliputi kegiatan produksi, pertukaran kebutuhan, kegiatan distribusi, serta konsumsi dengan tujuan mendapatkan laba.

Terdapat beberapa pendapat ahli mengenai definisi bisnis, adapun beberapa pengertian bisnis menurut para ahli antara lain :

  1. Menurut Kismono, bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.
  2. Menurut Peterson, bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan penjualan ataupun pembelian barang dan jasa secara konsisten.
  3. Menurut Raymond E. Glosh, bisnis adalah perusahaan, yaitu organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan jasa bagi pemuasan kebutuhan konsumen, serta diharapkan akan memperoleh laba bagi pemiliknya.
  4. Menurut Griffin dan Ebert, bisnis adalah suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa dan dibuat untuk mendapatkan laba.

Dari beberapa pendapat ahli diatas bisa disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan perorangan atau kelompok yang memiliki tujuan mencari laba dengan memproduksi barang/jasa dan menjualnya.

Tujuan Bisnis

Tujuan utama sebuah bisnis didirikan atau dilaksanakan adalah mencari laba. Selain mencari laba, terdapat beberapa tujuan lain kenapa bisnis dijalankan, jika diperinci lahi tujuan menjalankan bisnis antara lain :

-. Memperoleh Keuntungan (Profit)

Sudah diketaui oleh banyak orang tujuan utama seseorang membangun bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Sebagian besar perusahaan ataupun pelaku bisnis akan mencari keuntungan dari bisnis yang dijalankannya.

- Mendapatkan Prestasi

Tidak bisa dipungkiri jika sebuah bisnis usaha dibangun memliki tujuan untuk mendapatkan prestasi. Prestasi adalah suatu bentuk pengakuan, biasanya prestasi yang diharapkan adalah usaha tersebut dipercaya oleh masyarakat, dari segi produk yang memiliki kualitas unggul maupun pelayanannya.

- Menyediakan Kebutuhan Masyarakat

Selain ingin mendapatkan keuntungan, bisnis dibangun juga dibangun untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan masyarakat. Kebutuhan masyarakat tidak akan dapat dipenuhi jika tidak ada yang memproduksi barang atau jasa. Bisnis sendiri didalamnya juga melakukan kegiatan produksi barang dan jasa.

- Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan produksi barang dan jasa ekonomi dari satu periode ke periode lainnya. Kegiatan bisnis dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi karena dengan adanya bisnis akan menambah kegiatan produksi yang ada di masyarakat, nantinya ini akan berperan dalam naiknya PDB (Produk Domestik Bruto) lalu pada pertumbuhan ekonomi.

- Meningkatkan Lapangan Pekerjaan

Bisnis dijalankan apabila sendiri akan mengalami kesulitan apabila dijalankan sendirian, tentunya bisnis akan lebih mudah dijalankan secara berkelompok. Ini tentunya akan membuka terbukanya lapangan pekerjaan baru dimasyarakat. Semakin banyak bisnis yang ada maka semakin banyak pula lapangan pekerjaan yang tersedia. Bertambahnya lapangan pekerjaan dapat dilakukan dengan membangun atau mengembangkan sebuah bisnis.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top