Tempatnya Berbagai Info Penulis

Iklan

Kamis, 25 Agustus 2022

Pengertian, Manfaat, Faktor, dan Contoh Konsep Nilai Waktu dari Uang

Pengertian Nilai Waktu dari Uang

Nilai waktu dari uang atau Time Value of Money adalah konsep yang menyatakan nilai uang dalam jumlah tertentu pada saat ini lebih bernilai daripada uang dengan jumlah yang sama pada masa depan. Sederhananya uang yang diterima sekarang, nilainya akan berbeda dibandingkan dengan uang yang diterima satu tahun kedepan.  Perbedaan ini karena uang yang diterima saat ini akan dapat diinvestasikan untuk memperoleh nilai yang lebih besar dimasa datang. Hal ini dapat digambarkan dalam wujud menyimpan deposito. Semakin lama mereka menyimpan deposito, maka nilai akan terus meningkat. Pertumbuhan tersebut karena adanya efek bunga.

Selain karena diinvestasikan penyebab perubahan lain nilai mata uang ini dapat disebabkan karena adanya inflasi. Harga barang 5 tahun yang lalu berbeda dengan harga sekarang jika 5 tahun yang lalu uang Rp5.000 bernilai 1 Kg beras, untuk sekarang Rp 10.000 bernilai 1 Kg beras.

Terdapat dua alasan yang mendasari munculnya konsep nilai waktu dari uang, yakni :

  1. Presence of inflation, dengan memasukkan inflasi dalam perekonomian akan berdampak pada berkurangnya nilai mata uang di masa depan. Contohnya tingkat inflasi suatu negara 10% pertahun. Seseorang dapat membeli 10 Kg gula dengan harga Rp 100.000, apabila orang tersebut membeli tahun depan dengan sejumlah nilai yang sama dia hanya dapat membeli 9 Kg.
  2. Preference present consumption, umumnya seorang individu lebih suka tindakan konsumsi saat ini daripada mengonsumsi di waktu yang akan datang. Meskipun mengabaikan tingkat inflasi seseorang lebih suka membeli sekarang daripada di masa datang.

Manfaat Nilai Waktu dari Uang

Manfaat nilai waktu dari uang berkaitan dengan pengaturan uang yang efektif dan efisien. Dalam konsep Time value of money, uang tidak hanya berperan sebagai alat pembayaran, tetapi juga mempunyai nilai lebih dalam pengelolaan keuangan di masa depan. Seorang manajer keuangan harus memahamu konsep time value of money dengan baik, agar dapat mengambil keputusan finansial yang tepat, seperti investasi atau dana pinjaman.

Berikut beberapa manfaat atau pentingnya time value of money bagi beberapa pihak.

1. Bagi investor

Nilai waktu dari uang penting bagi investor untuk dasar pengambilan keputusan investasi, dengan pertimbangan inflasi, suku bunga, resiko dan tingkat pengembalian.

2. Bagi pelaku bisnis

Bagi pelaku bisnis nilai waktu dari uang digunakan sebagai dasar penyusunan anggaran, yang akan berpengaruh pada penyesuaian arus kas. Selain itu Time value of money juga membantu perhitungan asset riil serta keuangan yang cenderung mengalami pertumbuhan nilai.

3. Bagi individu

Bagi individu nilai waktu dari uang akan berguna sebagai dasar pengambilan keputusan target dalam investasi atau menabung serta menentukan target untuk dana pensiun.

Adapaun manfaat secara umum dari manfaat nilai waktu uang antara lain :

  • Menghitung harga saham/obligasi
  • Menilai investasi di aktiva tetap
  • Menghitung cicilan hutang/kredit
  • Menghitung premi asuransi

Faktor yang Mempengaruhi Nilai Waktu dari Uang

1. Inflasi

Adanya inflasi di suatu negara akan mempengaruhi depresiasi nilai mata uang. Jika inflasi suatu negara tinggi maka nilai mata uang akan turun secara signifikan.

2. Suku bunga

Perubahan suku bunga akan member pengaruh pada nilai mata uang suatu negara, umunya terhadap dolar. Suku bunga, tarif perdagangan uang (forex) serta inflasi semuanya saling berkaitan.

3. Stabilitas politik

Stabilitas politik dan keadaan ekonomi negara saling berpengaruh. Kondisi politik yang stabil memungkinkan terjadinya penurunan nilai matang uang negara.

Contoh Konsep Nilai Waktu dari Uang

1. Present Value

Present value atau nilai uang sekarang menunjukkan nilai sejumlah uang saat ini yang dapat dihubungkan untuk mendapatkan jumlah di masa mendatang. Rumus untuk menghitung present value dapat dinotasikan dengan rumus :

Present value


Keterangan :

PV       : Present value (nilai sekarang)

FV       : Future value (nilai masa depan) tahun ke n

i           : Interest (tingkat suku bunga)

n          : Jumlah tahun

Contoh soal

Pak Rendhi memperkirakan dalam 3 tahun kedepan nilai uang yang diterima sebesar Rp 100.000.000 dan tingkat suku bunganya adalah 12%. Maka nilai uang masa kini yang harus ditabung adalah :





Jadi Pak Rendhi harus menabung sebesar Rp 71.178.025 agar mendapatkan Rp 100.000.000 pada tahun ketiga dengan tingkat suku bunga 12% pertahunnya.

2. Future Value

Future value atau nilai masa depan adalah nilai uang yang akan diterima di masa depan dari sejumlah uang saat ini. Untuk menentukan future value dapat dinotasikan dengan rumus :

Future value


Contoh soal

Bapak Hari saat ini menabung uang sebesar Rp 100.000.000 dan dia akan mendapatkan bunga pertahunnya sebesar 12%. Apabila lama waktu menabung Bapak Hari adalah 3 tahun, maka berapa besar nilai uangnya pada tahun ke-3 adalah :




Jadi nilai uang yang diterima Bapak Hari selama menabung 3 tahun dengan nilai Rp 100.000.000 yang memiliki tingkat bunga 12% sebesar Rp 140.492.800

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top